Sukses

Bangganya Jokowi Saat Indonesia Raih 2 Emas Olimpiade Berkat Rizki Juniansyah dan Veddriq Leonardo

Presiden Jokowi merespons kemenangan Rizki Juniansyah dan Veddriq Leonardo di Olimpiade Paris 2024. Indonesia kini membawa pulang 2 medali emas.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan sikap setelah dua atlet Indonesia menyumbang 2 medali emas di Olimpiade Paris 2024. Dua atlet tersebut yakni Veddriq Leonardo dari cabang olahraga panjat tebing dan Rizki Juniansyah (angkat besi).

Pencapaian Rizki Juniansyah dan Veddriq Leonardo di Olimpiade 2024 mengantar Indonesia mengulang sejarah 2 emas yang pernah diukir Susi Susanti bersama Alan Budikusuma di Olimpiade Barcelona pada 1992.

Lewat akun Instagram terverifikasi, Presiden Jokowi menyampaikan selamat atas prestasi Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah yang mempersembahkan dua medali emas ke pangkuan Ibu Pertiwi tahun ini.

Medali emas kedua untuk Indonesia dipersembahkan oleh Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi putra kelas 73kg,” Jokowi menulis seraya mengunggah potret Rizki Juniansyah mengangkat beban dengan latar logo Olimpiade.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rizki Cetak Rekor!

RI-1 mengingatkan, dengan mencatatkan total 354kg dari angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean and jerk 199kg, maka Rizki Juniansyah memecahkan rekor sejarah Olimpiade.

Rizki berhasil memecahkan rekor olimpiade untuk angkatan clean and jerk serta menjadi atlet angkat besi Indonesia pertama yang mendapatkan medali emas di ajang olimpiade. Terima kasih Rizki, selamat!” cuit Jokowi, Jumat (9/8/2024).

 

3 dari 4 halaman

Kebanggaan Baru Bagi Indonesia

Kebanggaan tergambar jelas dalam unggahan ini. Sehari sebelumnya, Jokowi mengekspresikan rasa bangga atas kejutan yang dibawa Veddriq Leonardo dari cabang olahraga panjat tebing.

Olimpiade Paris 2024 membawa kebanggaan baru bagi Indonesia berkat Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing kebanggaan bangsa, yang meraih medali emas Indonesia pertama di Olimpiade Paris 2024,” ayah Gibran Rakabuming Raka mengabarkan.

4 dari 4 halaman

Raihan Ini Sekaligus Sejarah

Jokowi mengingatkan, performa Veddriq Leonardo di Olimpade Paris 2024 selamanya akan dicatat sejarah dengan tinta emas. Ia pun menyelamati Veddriq Leonardo atas pencapaian ini.

Raihan ini sekaligus menjadi sejarah penyumbang emas pertama Indonesia dari cabang panjang tebing kategori speed wall climbing Olimpiade. Selamat!” Jokowi mengakhiri. Turut bangga!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.