Sukses

6 Deretan Lagu Terpopuler Karya Ahmad Dhani di Dunia Musik Indonesia, Ada Roman Picisan Hingga Kangen

Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani yang memiliki lagu populer hingga saat ini. Selain Roman Picisan, ini 6 lagu diantaranya.

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani , salah satu musisi legendaris Indonesia sekaligus pendiri grup musik Dewa-19, yang sudah banyak menciptakan lagu yang tetap populer hingga saat ini dengan lirik-lirik puitisnya yang tajam hingga grande.

Karirnya selama 38 tahun menjadi musisi, politikus ini sudah melahirkan sebanyak 200 lagu lebih baik secara solo maupun kolaborasi dengan pencipta lagu lainnya. Lagu-lagu yang dimiliki tidak hanya berhasil menduduki kepopulerannya, tetapi juga menjadi bagian dari perjalanan musik banyak orang di Indonesia.

Lirik yang menyentuh dan melodi yang memikat, lagu-lagu ini berhasil di hati para pendengarnya hinga masa kini. Dari beberapa ratusan lagu ciptaan Ahmad Dhani tersebut, ada beberapa lagu yang masih populer hingga kini sampai lintas generasi.

Berikut Showbiz Liputan6.com merangkum 6 lagu Ahmad Dhani yang masih populer hingga saat ini yang memiliki makna mendalam, selain “Roman Picisan” dan “Kangen”. Ini deretan lagu lainnya yang masih dinyanyikan oleh berbagai generasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kangen

Di antara album lainnya, “Kangen” yang dirilis pada tahun 1992 merupakan lagu pertama yang membawa nama Dewa 19. Lagu ini dikenal dengan liriknya yang sederhana namun penuh makna, Ahmad Dhani menciptakan lagu ini karena terinspirasi dari kekasihya pada zaman SMP, Pungky Sukmawati.

Hingga saat ini, lagu ini masih sering dinyanyikan oleh generasi muda dan tua dan sering dicover oleh berbagai penyanyi dan band. Menegaskan posisinya sebagai karya klasik yang tak lekang oleh waktu, lagu tersebut sudah didengarkan sebanyak 183 jutaan kali sampai hari ini di Spotify.

3 dari 7 halaman

2. Separuh Nafas

Dirilis pada tahun 2000 sebagai bagian dari album “Bintang Lima”, lagu “Separuh Nafas” menjadi salah satu lagu yang paling dikenal dan dicintai penggemar Dewa 19. Lirik yang kuat dan dipadui melodi penuh energi, menjadi lagu yang masih dibawakan di berbagai panggung.

Keberhasilan lagu ini turut membantu album “Bintang Lima” menjadi salah satu album terlaris di musik Indonesia. Setiap lirik lagu ini memiliki makna yang menceritakan seseorang yang merasa separuh dirinya telah hilang bersama dengan kekasihnya yang hilang, lagu tersebut sudah di dengar lebih dari 131 jutaan kali di Spotify sampai saat ini. 

 

4 dari 7 halaman

3. Risalah Hati

Lagu ciptaan Ahmad Dhani ini balada paling ikonik dari Dewa 19, menjadi bagian album ‘Bintang Lima’ pada tahun 2000, liriknya yang dikenal puitis dan melodis menggambarkan perasaan seseorang yang sedang sangat mencintai namun cintanya belum terbalaskan.

“Risalah Hati” menjadi salah satu lagu yang paling diingat dan dicintai oleh penggemar Dewa 19. Sampai saat ini, lagu ini hingga kini didengar sebanyak 107 jutaan kali di Spotify, sekaligus menjadi lagu favorit di berbagai acara maupun konser.

 

5 dari 7 halaman

4. Aku Milikmu

Lagu ini menjadi salah satu track pada album ‘Format Masa Depan’ yang dirilis oleh Dewa 19 pada tahun 1994. Lagu ini menampilkan sisi romantis dari Dewa 19 dengan lirik yang manis dan melodi yang mengalun lembut yang kini sudah di dengar sebanyak 91 jutaan kali di Spotify.

“Aku Milikmu” berbicara tentang cinta yang tulus dan pengabdian total kepada seseorang yang dicintai. Dengan arensemen musik yang menonjolkan permainan gitar akustik dan vokal Ari Lasso yang khas, menjadi salah satu lagu populer sampai saat ini yang dicintai oleh penggemar Dewa 19.

6 dari 7 halaman

5. Roman Picisan

Lagu populer sepanjang masa selanjutnya adalah “Roman Picisan”. Salah satu track dari album ‘Kerajaan Cinta’ yang dirilis pada tahun 2007 oleh Dewa 19. Melalui lagu ini, Ahmad Dhani berhasil menunjukan kemampuannya dalam meramu lirik yang penuh simbolisme.

Popularitas dari lagu ini tidak hanya bertahan pada masanya, tetapi juga terus hidup hingga masa kini. Lagu ini sering dijadikan dounstrack sinetron, film, dan dijadikan lagu untuk momen romantis. Lagu ini sudah didengarkan lebih dari 70 jutaan juta kali di Spotify sampai saat ini. 

 

7 dari 7 halaman

6. Dewi

Lagu ini merupakan satu dari 14 track di album ‘Kerajaan Cinta” yang dirilis oleh Dewa 19 pada tahun 2007. Lagu yang diciptakan Ahmad Dhani ini menjadi satu dari dua lagu baru di album repackage tersebut.

“Dewi” memiliki lirik yang penuh dengan perasaan, hingga kini lagu yang sudah didengarkan sebanyak 61 jutaan ini menceritakan seorang pria menyesali kesalahannya, mengungkapkan cintanya kepada sang kekasih yang diibaratkan sebagai seorang dewi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.