Sukses

DJ JayJax Kini Bersinar di Industri Musik Elektronik Indonesia, Kesuksesan yang Berawal dari Hobi

Tantangan terbesar yang dihadapi DJ JayJax saat memulai karier sebagai musisi elektronik adalah konsistensi dan mengikuti alur industri yang berubah cepat.

Liputan6.com, Jakarta DJ JayJax yang dikenal atas penampilannya yang memukau dan gaya aransemen yang menghibur, telah menjadi kekuatan utama dalam kariernya di dunia DJ sejak tahun 2015. DJ JayJax, yang sebelumnya dikenal sebagai DJ Holy, berhasil memikat penonton di seluruh negeri dengan ciri khas creative mixing-nya serta penampilan panggung yang mengesankan.

Memulai kariernya pada tahun 2015, JayJax dengan cepat membuat namanya dikenal dengan mengikuti berbagai kompetisi DJ hingga tahun 2019, dan secara konsisten meraih posisi puncak sebagai juara 2 dan 3.

"Awalnya karena sekadar hobi yang aku suka dan memang suka aja," katanya, mengingat awal mula perjalanannya. "Tadinya sih mau jadi pilot," sambungnya tertawa, kepada pewarta, belum lama ini.

Tantangan terbesar yang dihadapinya saat memulai karier sebagai DJ adalah konsistensi dan mengikuti alur industri yang berubah cepat. Namun begitu, dedikasi dan ketekunan juga membawanya melampaui rintangan tersebut.

Pada tahun 2019, JayJax bergabung dengan Holywings Group (HWG) sebagai DJ residen. Sejak itu, penampilannya yang memukau dan gaya permainan yang unik memikat penonton, membuka jalan bagi peningkatan kariernya.

"Awalnya dulu kuliah di Jakarta, tahun 2019 kenal sama orang-orang pengurusnya. Sebelumnya dibantu sama Om David, dia senior saya yang bekerja sebagai DJ juga, tapi waktu itu sudah jadi karyawan HWG. Akhirnya dites masuklah jadi DJ residen pada Oktober 2019," kenangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman yang Paling Berkesan

Pengalaman paling berkesan bagi JayJax selama menjadi Brand Ambassador HWG adalah keliling Pulau Jawa naik minibus bersama Holy Team, mengunjungi berbagai outlet HWG di Jawa.

"Keliling pulau Jawa naik minibus ke outlet-outlet di Jawa bersama Holy Team," ungkap pria dengan paras blasteran Belanda ini dengan antusias.

Ditanya soal inspirasi musik, JayJax menerangkan bahwa idenya datang dari berbagai sumber. "Banyak. Internet obviously, lihat YouTube dan banyak juga dari main-main coba-coba di rumah sendiri, mengulik," katanya.

Ia juga menegaskan bahwa inovasi dan eksperimen adalah kunci dari setiap set dan remix yang dibuat olehnya.

 

3 dari 4 halaman

Dikenal Tidak Pelit Ilmu

Meskipun bersinar di atas panggung, DJ dengan nama asli Jaya ini tidak pelit ilmu, terutama bagi calon-calon DJ baru. Melalui platform Instagram @jayjaxdj, TikTok @dj.jayjax, dan YouTube Channel JayJax DJ, ia cukup aktif membagikan tips-tips dan konten informatif mengenai dunia DJ.

"Harapannya, berbagi ilmu kepada seluruh orang yang mau atau sudah menjadi DJ, supaya pengetahuannya lebih luas dan tidak stuck di situ saja," jelasnya tentang harapannya dengan konten tersebut.

JayJax juga memiliki banyak proyek dan kolaborasi baru yang sedang dikerjakan. "Akan ada beberapa kolaborasi seperti bersama Lenn dan Bullo, dan nantinya akan juga ada beberapa proyek bersama DJ lainnya dan anak-anak Package Collective." ujarnya.

Rencana ke depan, JayJax akan bereksplorasi dalam karier DJ-nya untuk memproduksi karya-karya baru, "Mengembangkan dalam produksi musiknya, membuat banyak lagu sendiri dan karya yang lebih menarik dari sebelumnya," tambahnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Kehidupan di Luar Karier

Di luar karier DJ-nya, JayJax menikmati kegiatan seperti pergi ke gym dan produktif di studio rumahnya. "Saya suka gym sekarang, dan di rumah aja di studio, produktif dan mengulik aja. Kurang suka jalan-jalan keluar karena capek," katanya.

Mengenai rencana pribadinya, ia berharap untuk menikah sebelum umur 30 tahun. "Belum tahu pastinya kapan, cuman tidak lebih dari umur 30, maybe?" candanya.

Lalu saat ditanya soal nama pacar, ia pun enggan menyebutkannya, “Ga usah (dikasih tahu) lah, hahaha.”

Orang yang paling berpengaruh dalam hidupnya adalah orang tua dan tim HWG. "Orang tua terutama dan HWG sendiri sebagai company, Pak Ivan dan Om David, Ervin, dan lain-lain, karena merekalah yang mempercayai aku sehingga menjadi seperti ini," pungkasnya.

Penggemar para DJ juga dapat mengikuti DJ JayJax di Spotify untuk mendengarkan aransemen berkualitasnya kapanpun dan di manapun. Penampilan DJ berbakat ini akan ditumpahkan kembali dalam karya-karya menarik selanjutnya.

Berikut profil tentang DJ JayJax:

- Nama Lengkap: Jaya

- Nama Panggilan: JayJax

- Nama Panggung: DJ JayJax

- Tempat asal: Sidoarjo

- Keturunan: Indonesia - Belanda

- Tahun lahir: 1999

- Umur: 25 tahun

- Agama: Katolik

- Status: Belum Menikah

- Pekerjaan: DJ, content creator, Brand Ambassador

- Pendidikan: D3

- Hobi: Traveling, Musik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.