Sukses

TikToker Tukang Pideo alias Ipung Wahyono Sukses Dongkrak UMKM Lokal, Kini Ikut Kejar Paket C

Ipung Wahyono jadi TikToker inspiratif lantaran berdedikasi dalam membantu ratusan produk UMKM lokal di seputar Wonogiri. Ia punya 170 ribuan pengikut.

Liputan6.com, Jakarta Platform medsos belakangan melahirkan sejumlah pesohor. Salah satunya Ipung Wahyudi atau yang lebih dikenal sebagai Tukang Pideo di TikTok. Ia memiliki lebih dari 170 ribu pengikut.

Ipung Wahyudi menjadi TikToker inspiratif lantaran berdedikasi dalam membantu mempromosikan ratusan produk UMKM lokal di seputar Wonogiri. Cara promosinya kreatif hingga menarik atensi netizen.

Berasal dari Desa Slogohimo, Wonogiri, Tukang Pideo juga menginspirasi lewat komitmennya melanjutkan pendidikan. Pesohor berusia 30 tahun lulusan SMP ini bersemangat mengikuti program kejar paket C.

“Saya memulai karier di TikTok saat pandemi Covid-19. Ketertarikan pada videografi mendorong saya bikin konten sederhana, salah satunya UMKM warung pecel yang kemudian viral,” kata Ipung Wahyudi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melihat Peluang Besar

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (14/8/2024), ia melihat peluang besar di TikTok dan sambutan hangat netizen terhadap konten-kontennya yang lokal banget.

“Saya melihat peluang besar di sini, jadi saya memutuskan untuk melanjutkan,” cetus Ipung Wahyudi. Konten-konten yang diproduksi Ipung Wahyudi mencuri perhatian berkat karakternya yang kuat.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Derajat UMKM

Cita rasa lokal dalam konten Ipung Wahyudi menguat berkat jargon berbahasa Jawa, “Halo bolo-bolo (halo teman-teman).” Kekuatan lain yakni konsistensi Ipung Wahyudi dalam membuat konten UMKM.

“Visi saya meningkatkan derajat UMKM lewat pemasaran digital dan menginspirasi anak muda memanfaatkan medsos. Kita hidup di era digital. Marketing butuh medsos. Tak ada kata terlambat untuk memulai,” akunya.

 

4 dari 4 halaman

Konten Kehidupan Sehari-hari

Hingga kini, Ipung Wahyono berusaha memajukan UMKM di Wonogiri sekaligus memberi inspirasi bagi banyak orang untuk berkreasi via medsos. Di tangan yang tepat, medsos sangat bermanfaat.

Fokus awal konten Ipung Wahyono adalah kuliner dan pariwisata di Wonogiri. Kini ia juga berbagi konten kehidupan sehari-hari bersama istri dan adiknya. Kuncinya, tetap setia pada kearifan lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini