Sukses

Bagaimana Pandangan Islam soal KDRT? Ustaz Khalid Basalamah Wanti-Wanti, Rasulullah Tak Pernah Memukul Istrinya

Ustaz Khalid Basalamah menyebut KDRT terlarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah yang merupakan panglima perang, tak pernah memukul istrinya.

Liputan6.com, Jakarta Publik Indonesia terperangah melihat video yang diunggah Cut Intan Nabila. Mantan atlet anggar tersebut mengungkap rekaman dugaan kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT yang dialaminya, selama menikah dengan Armor Toreador.

Tak hanya warganet, sejumlah pesohor ikut mengomentari insiden ini dalam unggahan di media sosial, sebagian besar menuangkan rasa marahnya.

Sementara itu di tengah ramainya pemberitaan ini, Ustaz Khalid Basalamah mengingatkan umat Islam soal KDRT. Apalagi, hal ini tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yang merupakan suri tauladan umat Islam.

“Sangat tidak pantas bagi seorang lak-laki melakukan kekerasan kepada wanita atau melakukan KDRT kepada istrinya. Karena KDRT adalah perbuatan yang terlarang di dalam Islam, tidak sesuai yang Islam ajarkan dan yang Nabi ﷺ ajarkan,” tulis Ustaz Khalis Basalamah, pada Rabu (14/8/2024).

Ia menambahkan, “Bahkan Nabi Muhammad ﷺ yang juga panglima perang, tidak pernah beliau memukul istrinya.”

Hal ini juga merupakan kesaksian istri Rasulullah, Aisyah, yang diriwayatkan dalam hadits sahih.

“Aku tidaklah pernah sama sekali melihat Rasulullah ﷺ memukul pembantu, begitu pula memukul istrinya. Beliau tidaklah pernah memukul sesuatu dengan tangannya kecuali dalam jihad (berperang) di jalan Allah”. (HR. Ahmad 6: 229. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim),” tulis Ustaz Khalid Basalamah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surat An-Nisa

Dalam sejumlah gambar yang ia bagikan, Ustaz Khalid Basalamah menyebut sejumlah ayat dan hadits yang menerangkan bahwa KDRT merupakan hal terlarang dalam Islam.

Yang pertama, adalah bertentangan Surat An-Nisa ayat 19, yang berisi perintah Allah kepada para suami.

“Pergaulilah mereka (istri-istri kalian) dengan ma’ruf (baik),” begitu petikan ayat tersebut.

3 dari 4 halaman

Orang Mukmin yang Paling Baik

Rasulullah juga memerintahkan umatnya untuk berbuat baik pada istri mereka.

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya,” begitu isi hadits dari Abu Hurairah yang dinyatakan shahih oleh Imam at-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Syaikh al-Allbani.

4 dari 4 halaman

Adab Menegur Istri

Ustaz Khalid Basalamah juga mengingatkan, bahwa menegur istri pun ada adabnya. Hal ini termuat dalam sabda Rasulullah, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

"Berbuat baiklah pada para wanita. Karena wanita diciptakan dari tulang rusuk. Yang namanya tulang rusuk, bagian atasnya itu bengkok. Jika engkau mencoba untuk meluruskannya (dengan kasar), engkau akan mematahkannya. Jika engkau membiarkannya, tetap saja tulang tersebut bengkok. Berbuat baiklah pada para wanita.” (HR. Bukhari no. 3331 dan Muslim no. 1468)," tulis Ustaz Khalid Basalamah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.