Sukses

Mulan Jameela Bersuara Lantang atas Polemik Paskibraka Lepas Hijab

Mulan Jameela yang juga anggota DPR RI ini menyayangkan adanya peraturan paskibraka harus melepas hijab.

Liputan6.com, Jakarta Mulan Jameela memiliki perhatian lebih terhadap berbagai masalah yang jadi sorotan masyarakat. Setelah kasus dugaan KDRT terhadap Cut Intan Nabila, Mulan Jameela kini sedang menyoroti polemik Paskibraka dilarang berhijab oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Secara lantang, Mulan Jameela yang juga anggota DPR RI ini menyayangkan adanya peraturan seperti itu. Pasalnya, penggunaan hijab merupakan salah satu bagian dari ibadah tiap warga negara yang sangat dilindungi oleh payung hukum.

"Bismillahirrahmanirrahim. Setiap warga negara dilindungi hukum untuk melaksanakan ibadah sesuai agamanya," tulis Mulan Jameela melalui Instagram @mulanjameela1, baru-baru ini, dikutip Jumat (16/8/2024).

Selain hal tersebut, istri Ahmad Dhani juga turut mempertanyakan mengenai faktor dari segi mana yang membuat hijab berpotensi mengganggu aktivitas seorang Paskibraka wanita ketika mengenakannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertanyakan Alasan yang Masuk Akal

Mulan lalu blak-blakan meragukan adanya alasan yang masuk akal atas dilarangnya penggunaan hijab bagi para Paskibraka muslimah.

"Emang dengan memakai hijab / jilbab itu akan mengganggu proses pengibaran bendera? Kira-kira alasan apa yang cukup masuk akal terjadinya hal ini?" kata Mulan sembari bertanya.

 

3 dari 4 halaman

Singgung Soal Pancasila dan Jumlah Umat Muslim

Lebih lanjut lagi, Mulan Jameela mempertanyakan kesesuaian peraturan dengan Sila Pertama Pancasila. Ia juga menegaskan bahwa Indonesia memiliki rakyat dengan agama mayoritas Islam.

"Apakah ini sesuai dengan sila ke-1 Pancasila?? Ironisnya, hal ini terjadi di negara dengan jumlah muslim terbanyak ke-2 di dunia," terang Mulan.

 

4 dari 4 halaman

Berujung Merasa Lega

Namun begitu, selang beberapa waktu kemudian, Mulan Jameela bersyukur setelah Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi meminta maaf atas peraturan dari pihaknya. Mulan pun berharap polemik serupa tak akan terulang lagi.

"Dapat kabar (di komen) kalo akhirnya sudah diperbolehkan menggunakan hijab lagi. (Aamiin semoga benar ya.. karna masih simpang siur). Alhamdulillah terimakasih," tulis Mulan mengungkapkan.

"Semoga menjadi catatan kita bersama, untuk ke depannya mohon jangan terjadi hal-hal seperti ini lagi. Menunggu reaksi masyarakat yang bergejolak, baru diperbolehkan lagi," lanjut Mulan memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.