Sukses

Doa dan Nasihat Para Ustaz Sambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI, soal Persatuan hingga Pesan untuk Pemimpin

Kemeriahan peringatan HUT ke-79 RI tak hanya berlangsung di Ibu Kota Nusantara atau IKN dan Istana Merdeka, tapi juga media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan RI ke-79 disambut meriah segenap warga Indonesia, Sabtu (17/8/2024).

Tahun ini, rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Dilansir dari kanal News Liputan6.com, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara di IKN. Hadir pula Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka menghadiri upacara di Halaman Istana Merdeka.

Kemeriahan peringatan HUT ke-79 RI tak hanya berlangsung di IKN dan Istana Merdeka, tapi juga medsos. Sejumlah nama kondang ikut menyambut momen penting ini, termasuk para pemuka agama Islam.

Buya Yahya, misalnya. Ia menyerukan satu pesan persatuan di medsosnya.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA. Di hari peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 mari kita bergandengan tangan membangun negara dan bangsa dalam mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan bersama,” tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Sampai Diperbudak Harta

Sementara itu Abdullah Gymnastiar atau Aa’ Gym menulis, sebuah pesan pengingat yang penting.

Di Hari Kemerdekaan ini, Semoga membuat diri kita benar-benar menjadi orang yang merdeka, tidak diperbudak harta, jabatan, kedudukan, nafsu, syahwat, popularitas... Cinta Dunia,” kata Aa’ Gym.

Ia menambahkan, “Hanya orang-orang yang benar-benar menjadi... Hamba Alloh yang akan menikmati negeri ini sebaik-baiknya. Mereka itulah yang akan mewarnai negeri ini menjadi negeri yang indah, berkah, dan... Berakhlakul Karimah.”

 

3 dari 4 halaman

Doa Halimah Alaydrus untuk Perusak Negeri

Ustazah Halimah Alaydrus juga mengungkap pesan serupa dengan Aa Gym. “Merdeka bagiku adalah menjadi hamba Allah seutuhnya, tidak dijajah hawa nafsu, dipenjara ego diri, atau dikuasai keinginan duniawi. Semoga…” tulisnya.

Di unggahan lain, Ustazah Halimah Alaydrus memanjatkan doa, “Semoga Allah selalu menjaga negeri ini. Hingga di masa yang sangat panjang. Tempat tinggal yg nyaman. bagi hamba-hamba Allah selama bumi masih ada.”

Ia menambahkan, “Dan jika ada siapapun yang ingin merusak negeri ini Semoga Allah-lah yang menghadapinya.”

4 dari 4 halaman

Pesan Ustaz Abdul Somad untuk Pemimpin

Sementara itu, ustaz Abdul Somad menggelar upacara bendera di pedalaman Riau; Batu Tilam dan Bagan Benio. Dalam momen ini, ia mengingatkan bahwa tak ada manusia yang diperbudak oleh manusia lain.

Itu sebabnya rakyat Indonesia tidak terima dijajah oleh siapapun. Para ulama dan santri rela mengorbankan nyawa dan harta mereka untuk memperjuangkan kemerdekaan setiap rakyat Indonesia dari penjajah. Seruan jihad berkumandang di seantero negeri. Pekikan Allahu Akbar bergema di seluruh jagad Indonesia untuk mengangkat bambu runcing,” tulis Abdul Somad.

Ia menambahkan, “17 Agustus 2024, kita rayakan kemerdekaan Indonesia ke 79, semoga menjadi momentum untuk menguatkan kesadaran bahwa minyak, batu bara, emas dan perak, serta hasil alam lainnya adalah karunia Allah yang diberikan kepada anak bangsa untuk kemaslahatan bangsa. Dan pemimpin yang terpilih semoga menjadi pemimpin yang berpihak kepada rakyat Indonesia, sehingga yang lemah menjadi kuat karena kekuasaan yang adil.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.