Sukses

Band Cokelat Ungkap Pengalaman Unik Manggung di Beijing, Lagu Bendera Dicurigai Propaganda

Ada banyak cerita yang sudah dilalui Grup Band Kotak, selama menapaki jejaknya di industri musik. Salah satunya pengalaman unik dan tak terlupakan ketika diundang untuk tampil oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cerita yang sudah dilalui Cokelat Band, selama menapaki jejaknya di industri musik. Salah satunya pengalaman unik dan tak terlupakan ketika diundang untuk tampil oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing.

Sebab sebelum tampil, Cokelat harus mengirimkan semua lirik lagu yang akan dibawakan di dalam bahasa Beijing. Terutama lagu "Bendera" yang diduga otoritas sana bermuatan propaganda.

"Mereka tuh seketat itu. Kalau lagu lain nggak masalah, tapi begitu lagu Bendera, pemerintah di sana curiga kalau ada propaganda segala macem," ungkap Kikan, vokalis Band Cokelat, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Meski begitu, Kikan bersyukur lagu "Bendera" akhirnya diterima. "Itu sempat ribet, alhamdulillah diloloskan," Kikan membeberkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengamanan Super Ketat

Nyatanya tak sampai di situ. Saat tampil, Cokelat dikejutkan dengan pengamanan yang super ketat di sekitar venue mereka manggung. Usut punya usut, kata Kikan, rupanya mereka ingin memastikan Cokelat tidak sedang berorasi.

"Polisi Beijing banyak banget, ternyata mereka lagi make sure kalau kita tuh lagi nggak kayak orasi,” ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Kenangan Tak Terlupakan

Meski harus melewati proses cukup rumit, pengalaman ini menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi personel Band Cokelat. Semua kerumitan yang dihadapi terbayar lunas melihat besarnya antusias para penonton.

Terlebih para sepuh Indonesia yang tinggal di Beijing sejak tragedi 1965, berhasil membakar semangat Cokelat dalam menyuguhkan aksinya.

 

4 dari 4 halaman

Obati Kerinduan Para Sepuh

Kikan hanya berharap, lagi "Bendera" dapat mengobati kerinduan para sepuh itu untuk pulang ke Indonesia. “Mereka cerita pengin balik ke Indonesia tapi nggak berani, itu gue tersentuh sama kejadian itu,” jelas Kikan.

Momen tersebut menjadi sangat berarti bagi Kikan dan anggota band Cokelat, karena dapat merasakan dampak emosional dari penampilan mereka terhadap komunitas Indonesia di Beijing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini