Sukses

6 Potret Najwa Shihab Ikut Lomba 17 Agustus Tarik Tambang hingga Bakiak, Menang Kalah Tak Masalah

Najwa Shihab menyebut tarik tambang lomba favoritnya karena merefleksikan perjuangan meraih kemerdekaan dan persatuan. Ia juga ikut lomba bakiak.

Liputan6.com, Jakarta HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia rasanya kurang afdal jika tanpa beragam lomba plus hadiah. Presenter Najwa Shihab salah satu yang merayakan dengan ikut sejumlah lomba 17 Agustus

Tuan rumah Mata Najwa ikut lomba tarik tambang. Najwa Shihab menyebut tarik tambang lomba favoritnya karena merefleksikan banyak makna seputar perjuangan meraih kemerdekaan dan persatuan.

Lomba lain yang diikutinya antara lain bakiak dan sepak bola pakai sarung. Sebuah video yang diunggah di medsos memperlihatkan Najwa Shihab keukeuh banget menarik tambang sekuat tenaga dari tim lawan.

Baginya, menang kalah urusan nanti. Yang penting hati happy. Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkai 6 potret Najwa Shihab ikut lomba rayakan HUT RI ke-79. Jadi penasaran kira-kira hadiahnya apa, ya?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tarik Tambang Favorit Najwa

Tampil gaya dengan kaus putih lengan pendek dan celana panjang warna turangga, Najwa Shihab tampak mencengkeram tali tambang lalu menariknya sekuat tenaga. Meski lagi kerja keras memenangkan lomba, ia tetap tersenyum.

Salah satu lomba favorit saya ya tarik tambang. Selain menguji otot lengan, kaki, dan kekompakan, ini lomba yang mudah kita maknai sebagai simbol mempertahankan persatuan,” tulis Najwa Shihab di akun Instagram terverifikasi, 17 Agustus 2024.

 

3 dari 7 halaman

2. Daripada Tambang yang Lain...

Bagi Najwa Shihab, tarik tambang memiliki makna mendalam. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote, harus digenggam erat sama-sama agar terpaut padu. Dengan kata lain, ini tentang persatuan dan gotong royong mencapai tujuan.

Kemenangan bukan milik satu orang, tetapi hasil jerih bersama. Seperti itulah bangsa ini berdiri, kuat karena bersatu, seperti tarik tambang,” cuitnya lalu menyindir tipis-tipis, “Ya kan? Daripada tarik-tarikan tambang yang lain ~.” Mbak Nana bisa saja...

 

4 dari 7 halaman

3. Najwa Terdepan di Lomba Bakiak

Salah satu potret memperlihatkan Najwa Shihab memimpin tim untuk memenangkan lomba bakiak. Yang ini benar-benar menguji kekompakan dalam menyatukan langkah lalu berjalan cepat.

Sebagai pemimpin regu, Najwa Shihab mengayun langkah sementara sejumlah cewek mengikuti dengan memegangi pinggang rekan yang berdiri di depan. Najwa Shihab tampak antusias sambil tertawa.

 

5 dari 7 halaman

4. Lomba dan Pemainan Rakyat

Najwa Shihab lantas menyampaikan perspektif terkait lomba 17 Agustusan yang digelar di berbagai wilayah di Tanah Air. Banyak di antara lomba khas 17-an sudah eksis sejak masa pra-kemerdekaan, sebagai hiburan jelata maupun para bangsawan.

Itu kita warisi hari ini sebagai permainan-permainan rakyat yang darinya kita mengandalkan kerja keras, gotong royong, mental, keterampilan, hingga strategi—syarat-syarat yang mengantar perjuangan sampai pada kemenangan,” ujar Najwa Shihab.

6 dari 7 halaman

5. Najwa Main Sepak Bola Sarung

Upacara dan lomba akan selalu mewarnai 17 Agustus. Najwa Shihab menilai upacara bendera itu sakral dan seringkali menggetarkan hati. Namun beragam lomba berikut hadiahnya selalu jadi momen yang selalu dinanti.

Tapi sebagian dari kita, apalagi anak-anak, kalau sudah dengar kata 17-an, rasanya lebih ketagihan beria-ria dengan lomba-lombanya. Karena dari sana kita pulang bawa hadiah, bawa teman baru, bawa cerita seru,” ia menulis.

 

7 dari 7 halaman

6. Menggali Emosi Kegembiraan

Suasana kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 kini hanya bisa kita rasakan dari tuturan di buku sejarah dan arsip rekaman yang disimpan negara. Itu pun jumlahnya terbatas dan tak semua orang bisa mengaksesnya.

Namun kita bisa memaknai dan merayakannya dalam bahagia setahun sekali. “Tapi untungnya kita punya tradisi untuk merayakannya, menggali emosi kegembiraan yang sama, setidaknya setahun sekali,” Najwa Shihab membeberkan. Setuju!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini