Sukses

Naevis Dipastikan Debut September Depan, Idol Virtual yang Datang dari Kwangya ke Dunia Nyata Pakai AI

Sosok naevis sebelumnya dikenal sebagai karakter dari jagat aespa. Ia membantu Karina, Winter, Ningning, dan Giselle membuka P.O.S (Power of Source) yang menghubungkan dunia nyata dengan jagat digital yang disebut Kwangya.

Liputan6.com, Jakarta Sosok naevis dipastikan akan debut sebagai artis virtual pertama SM Entertainment, fresh from Kwangya! Pengumuman debut naevis disampaikan agensi raksasa K-Pop tersebut lewat akun media sosial resminya, Selasa (21/8/2024). 

Unggahan tersebut dibubuhi caption yang menampilkan informasi debutnya, "nævis is coming to the REAL WORLD in September (naevis datang ke DUNIA NYATA)."

Dilansir dari Soompi, naevis adalah karakter dari jagat aespa. Ia membantu Karina, Winter, Ningning, dan Giselle membuka P.O.S (Power of Source) yang menghubungkan dunia nyata dengan jagat digital yang disebut Kwangya. 

Layaknya idol, naevis akan memulai beragam aktivitasnya sebagai artis pada September mendatang. 

Bedanya, naevis akan menggunakan teknologi mutakhir untuk tampil di berbagai platform, konten, dan media. Suaranya diciptakan dengan AI, begitu juga dengan kontennya yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan. Rencananya, ke depan universe naevis akan diperluas lewat musik, webtoon, game, kolaborasi merek, dan merchandise.

Setelah pengumuman debut naevis, SM akan merilis video bertajuk "The Birth of naevis" yang menonjolkan awal mula sosok ini masuk ke dunia nyata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Muncul di Lagu dan Video Klip Aespa

Sebelum debut, naevis sudah muncul dalam sejumlah lagu dan video klip aespa, seperti "Savage" dan "Next Level." Diwartakan Korea JoongAng Daily, naevis juga sempat difiturkan di lagu "Welcome to MY World" dan tampil dalam konser aespa bertajuk SYNK: Parallel Link. 

Pengumuman soal debut naevis sendiri ditanggapi meriah oleh para penggemar aespa.

"MY NAEVIS WE LOVE YOUU," tulis seorang warganet, mengutip lirik "Savage."

"Omg naevis on the real my world finally 😍" kata warganet lain, kali ini menyisipkan petikan "Girls."

3 dari 4 halaman

Rencana SM Entertainment Sepanjang Tahun Ini

Debut naevis telah diumumkan secara resmi oleh SM Entertainment pada awal bulan ini, saat agensi ini mengungkap rencana yang akan mereka gelar sepanjang semester kedua tahun ini. 

Setelah naevis debut, SM juga akan mendebutkan girl group barunya--empat tahun setelah aespa. Tahun depan, SM juga akan memperkenalkan boy group baru, setelah kesuksesan RIIZE dan NCT Wish.  

4 dari 4 halaman

Comeback Para Artis SM Entertainment

SM Entertainment juga menyatakan tahun ini pihaknya mempersiapkan comeback NCT 127, Key SHINee, WayV, RIIZE, sera NCT WISH. Agensi ini juga akan merilis single untuk Sungmin Super Junior dan Hyoyeon SNSD. 

NCT Dream juga akan comeback dengan album pada kuartet keempat 2024, sementara aespa juga akan merilis mini album baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini