Sukses

Apa Maksud Gambar Peringatan Darurat yang Viral? Diyakini dari Film Analog Horor, Pengunggahnya Tampilkan Pesan SOS

Gambar Garuda Pancasila berlatar biru dengan tulisan Peringatan Darurat, menjadi simbol perlawanan sekaligus peringatan.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kemarin, Selasa (21/8/2024), beredar gambar Garuda Pancasila berlatar warna biru dan disisipi tulisan Peringatan Darurat yang menjadi viral. Najwa Shihab termasuk salah satu sosok yang paling awal menyebarkan gambar ini.

Hanya ada satu kata…,” tulis Najwa Shihab di kolom komentar. Banyak warganet yang kompak merampungkan kalimat ini dengan satu kata, “Lawan!

Diketahui, unggahan Garuda Pancasila warna biru ini viral setelah Badan Legislasi DPR bersama Pemerintah menyepakati Revisi Undang-Undang (RUU) Pilkada untuk dibawa ke paripurna pada Selasa kemarin. Dari 9 fraksi, hanya PDIP yang menyatakan menolak RUU dibawa ke paripurna.

Hasil rapat ini bertentangan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan partai politik tanpa kursi di DPRD mengusung calon di pilkada. Alhasil, banyak pihak yang bersuara keras mengenai hal ini. Dan gambar Garuda Pancasila berlatar biru ini, menjadi simbol perlawanan sekaligus peringatan soal demokrasi yang tengah terancam.

Sebenarnya, dari mana gambar ini berasal?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Peringatan Nasional dalam Suasana Genting

Banyak pihak meyakini bahwa visualisasi ini datang dari film pendek dengan genre horor analog dari akun YouTube EAS Indonesia Concept. Video lengkap bertajuk “EAS Indonesia Concept (24/10/1991), ANM-021 (Mesem) – First Encounter” ini diunggah pada 24 Oktober 2022.

EAS adalah singkatan dari Emergency Alert System, atau Sistem Peringatan Darurat—yang merupakan sistem peringatan nasional yang dikumandangkan lewat penyiaran publik secepat mungkin dalam kondisi genting.

3 dari 4 halaman

Video dengan Skenario Berbeda

Ada sejumlah video yang dibuat EAS Indonesia Concept dengan menggunakan visual Peringatan Darurat, dengan berbagai skenario—sebagian besar bernuansa fiksi ilmiah.

Ada peringatan mengenai invasi makhluk pemburu kepala manusia, atau entitas berbentuk bola yang menyebabkan penyakit pada manusia.

Bertepatan dengan viralnya visual Peringatan Darurat, akun EAS Indonesia Concept mengunggah satu foto Monas yang terdistorsi. Ia menambahkan kode morse …/---/… atau “SOS.”

4 dari 4 halaman

Gambar Serupa

Selain foto gambar Peringatan Darurat, viral pula sejumlah cuplikan gambar serupa berlatar biru. Salah satunya tulisan "Siaran Darurat (Bukan Simulasi)." Ini diduga kuat merupakan cuplikan film analog horor, yang diunggah di akun Blocky Brain pada 1 Desember 2022.

Unggahan di kedua akun YouTube ini, dipenuhi komentar baru dari para warganet, yang menanggapi viralnya Peringatan Darurat dan kondisi terkini RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini