Sukses

6 Fakta Duta Sheila On 7 Unggah Peringatan Darurat Garuda Biru, Netizen: Pak Duta Sampai Turun Gunung

Meski ada yang terheran-heran, netizen kompak mendukung langkah yang dilakukan Duta, vokalis band Sheila On 7, mengunggah Peringatan Darurat Garuda Biru di akun instagram miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Suasana politik di Tanah Air sempat gaduh dan memanas. Situasi ini dipicu soal pembahasan proses penyelenggaraan Pilkada 2024 setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, kemudian DPR membuat revisi Undang-Undang Pilkada yang menganulir putusan MK tersebut.

Persoalan syarat UU Pilkada 2024 ini langsung mendapat respon dari masyarakat luas. Di dunia maya muncul gambar lambang Burung Garuda dengan latar belakang berwarna biru tua atau Peringatan Darurat Garuda Biru.

Unggahan berupa ajakan gerakan massal agar masyarakat mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tersebar luas dan menjadi trending topic di platform X atau Twitter. Warga dari berbagai kalangan, termasuk artis, ramai-ramai memposting ulang Garuda Biru. Salah satunya Duta Sheila On 7.

Berikut, 6 fakta kehebohan Duta Sheila On 7 yang unggah Peringatan Darurat Garuda Biru sekaligus menunjukkan sikap politik, seperti dirangkum Liputan6.com, Kamis, 22 Agustus 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tambahkan Kalimat Zikir

Penyanyi bernama lengap Akhdiyat Duta Modjo ini menambahkan status teks bertuliskan kalimat zikir "Hasbunallah wa ni’mal wakiil Ni’mal maula wa ni’man nasiir," tulis Duta. Kalimat ini berarti Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung

 

3 dari 7 halaman

2. Bikin Heboh Media Sosial

Unggahan Duta soal Peringatan Darurat Garuda Biru langsung heboh di media sosial. Tak lama, unggahannya itu langsung dibanjiri komentar netizen. Mereka kompak mendukung langkah yang dilakukan vokalis band yang dikenal merakyat dan sederhana.

 

4 dari 7 halaman

3. Netizen Singgung Raja Jawa

"Ketika Duta SO7 posting politik. Maka negara ini sedang tidak baik-baik saja," tulis netizen di kolom komentar unggahan Duta Sheila On 7. "Sekelas band sheila nyenggol politik artinya raja jawa sdh overstep…," netizen lain menambahkan.

 

5 dari 7 halaman

4. Simbol Negara Sedang Tak Baik-Baik Saja

Netizen lain juga sempat heran saat pelantun lagu "Melompat Lebih Tinggi" tiba-tiba membuat pernyataan yang bahasannya di luar dunia musik. "Pak duta yang jarang ngomong tentang politik , tiba2 bersuara. Bukti pemerintahan Indonesia sedang tidak baik baik saja kawan," ulas netizen.

 

6 dari 7 halaman

5. Wakili Isi Hati Rakyat

Sementara itu, netizen lainnya menyebut unggahan Duta Sheila On 7 sangat mewakili isi hati rakyat. "Sisa kuota @pakduta posting kemarin masih ada ternyata, lansung posting isi hati rakyat." netizen lain menimpali. "Legend gak pernah show up sampe posting wah ada apa nih," sambung netizen lainnya.

 

7 dari 7 halaman

6. Penggalan Video Lama

Sebelumnya diberitakan, gambar garuda biru ini diyakini pertama kali dibagikan oleh beberapa akun kolaborasi, termasuk @najwashihab, @narasinewsroom, @matanajwa, dan @narasi.tv di Instagram.

Laman narasi.tv menjelaskan bahwa poster bertuliskan "Peringatan Darurat" tersebut merupakan penggalan dari sebuah video lama yang diunggah oleh akun YouTube EAS Indonesia Concept pada 22 Oktober 2022 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.