Sukses

Dugaan Penistaan Agama Wanda Hara Kini Ditangani Polda Metro Jaya, Sudah Olah TKP dan Periksa 4 Saksi

Dalam waktu dekat, pihak kepolisian berencana memanggil sejumlah orang, termasuk Wanda Hara.

Liputan6.com, Jakarta Kasus hukum yang membelit Wanda Hara kini telah memasuki babak baru. Diwartakan kanal News Liputan6.com, dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada sosok bernama Irwansyah ini, kini ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, kasus tersebut dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Pelimpahan kasus ini juga telah dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. Ia menuturkan, bahwa Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya sedang melakukan penyelidikan mendalam terkait dugaan tindak pidana ini.

Penanganan kasus ini dimulai setelah adanya pelimpahan laporan dari Bareskrim Polri, yang tercatat dengan nomor LP/B/247/VII/2024/SPKT/BARESKRIM POLRI pada tanggal 24 Juli 2024.

"Ini adalah peristiwa yang dilaporkan oleh MRA (Moch Rizki Abdullah) kepada Bareskrim Polri, dan kini telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. Saat ini, Subdit Kamneg terus melakukan pendalaman," ungkapnya di Polda Metro Jaya pada Rabu (21/8/2024).

Ade Ary juga menambahkan bahwa pihaknya telah memeriksa empat orang saksi, termasuk pelapor, dan telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panggil EO, Manajemen Gedung, hingga Wanda Hara

Dalam waktu dekat, pihak kepolisian berencana memanggil penyelenggara kajian tersebut, sebelum melanjutkan pemanggilan kepada terlapor, Wanda Hara.

"Langkah pertama adalah memanggil EO sebagai penyelenggara dan manajemen gedung, baru setelah itu kami akan menghubungi terlapor," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Awal Gonjang-ganjing

Seperti diketahui, kasus ini viral saat warganet mendapati foto Wanda Hara yang lahir sebagai pria mendatangi kajian Ustaz Hanan Attaki mengenakan pakaian muslim wanita dan cadar.Dalam kesempatan itu, dia ikut kajian bersama teman-temannya perempuannya seperti Nagita Slavina, Syahnaz Sadiqah, dan banyak lagi.

Pihak penyelenggaram rupanya tak tahu bahwa Wanda Hara lahir sebagai pria.

Tak cuma bikin gonjang-ganjing, Wanda Hara kemudian dilaporkan pengacara Muhammad Rizky Abdullah atas dugaan penistaan agama.

"Saya Muhammad mengatasnamakan pribadi dan juga mengatasnamakan umat muslim, beserta tim hukum muslim yang merasa sakit hati yang merasa tersinggung atas kelakuan saudara Irwansyah dan atau Wanda Hara," kata Rizky di Mabes Polri, Jakarta, Rabu pada 23 Juli lalu.

4 dari 4 halaman

Wanda Hara Minta Maaf

Sebelum dilaporkan, Wanda Hara sudah meminta maaf kepada publik terkait hal ini.

"Assalamualaikum, saya Wanda Hara dari hati yang paling dalam memohon maaf sebesar-besarnya atas kegaduhan ini dalam kajian yang diselenggarakan oleh Ustaz Hanan Attaki kemarin," ucap Wanda Hara, dalam sebuah video yang dibagikan melalui Instagram @wanda_haraa pada 22 Juli lalu.

Ia melanjutkan, "Atas kejadian karena perbuatan saya yang menyinggung banyak pihak kepada saya, saya menyadari ini adalah kesalahan saya."

(Ady Anugrahadi/ Liputan6.com)

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.