Sukses

Reza Rahadian Orasi di Depan Gedung DPR Tolak RUU Pilkada: Ini Bukan Negara Milik Keluarga Tertentu

Aktor Reza Rahadian ikut turun ke jalan mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di gedung DPR. Bahkan, Reza ikut berorasi menyuarakan kegelisahannya atas kondisi demokrasi Indonesia yang memprihatinkan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Reza Rahadian ikut turun ke jalan mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di gedung DPR. Bahkan, Reza ikut berorasi menyuarakan kegelisahannya atas kondisi demokrasi Indonesia yang memprihatinkan.

Dalam orasinya, Reza Rahadian mengaku mengapreasi putusan MK terkait revisi Undang Undang Pilkada. Reza justru terkejut dengan sikap DPR yang menganulir putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang menetapkan syarat baru dalam pengajuan calon kepala daerah.

"Melihat bagaimana MK sudah mengembalikan citra setelah wajahnya porak poranda. Setelah ini, kita sudah mendapatkan keputusan yang sangat kita hormati dari MK," ujar Reza di depan Gedung DPR, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

"Lalu hari ini kita mendapatkan kenyataan, itu akan dianulir lembaga yang katanya wakil rakyat kita semua hari ini. Lantas anda-anda di dalam ini wakil siapa?," sahut Reza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Mewakili Kelompok Tertentu

Reza memastikan keikutsertaannya turun ke jalan buka mewakili kepentingan kelompok tertentu. Partisipasinya merupakan bentuk kegelisahannya melihat demokrasi Indonesia yang sedang tidak baik-baik saja.

"Saya tidak mewakili kepentingan apapun, saya tidak ikut dalam partisipasi apapun, saya hadir sebagai rakyat biasa bersama dengan teman-teman semua. Kita hadir disini bersama orang-orang yang gelisah melihat demokrasi seperti ini," tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

Negara Bukan Milik Kelompok Tertentu

Reza menegaskan, Indonesia bukan milik kelompok atau keluarga tertentu. Ia pun mengimbau masyarakat untuk terus mengawal putusan MK.

"Ini bukan negara milik keluarga tertentu. Miris melihat ini semua. Semoga kita bisa mengawali terus," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

15 Artis

Selain Reza, aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR ini juga diikuti sejumlah selebritas seperti Ibnu Jamil, Ananda Badudu, Kunto Aji, Abdel Achrian, Abdur Arsyad, Arie Kriting, Andovi da lopez, Bintang Emon, hingga sutradara Joko Anwar.

Mereka tampak kompak mengenakan outfit atau baju hitam dan sebagian besar mengenakan kaus. Sementara Reza Rahasia mengenakan kaus tangan pendek, celana panjang jeans biru dan topi hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.