Sukses

Kunto Aji Konser Pakai Backdrop Peringatan Darurat Garuda Biru, Semua Respect

Kunto Aji makin santer dengan Peringatan Darurat setelah massa unjuk rasa di Gedung DPR RI dalam rangka mengawal putusan MK atas revisi UU Pilkada, sang musisi menggaungkannya kembali di tengah konser.

Liputan6.com, Jakarta Kunto Aji salah satu musisi yang ikut menyuarakan Peringatan Darurat Indonesia dengan lambang Garuda Biru. Rupanya, tak hanya di medsos Kunto Aji menyuarakan aspirasi rakyat menolak revisi UU Pilkada.

Setelah massa turun ke jalan dalam rangka unjuk rasa mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di depan Gedung DPR RI Jakarta, Kunto Aji makin lantang menggemakan Peringatan Darurat. Pelantun "Rehat" menggaungkannya di tengah konser.

Tampak di Instagram Stories-nya, Kunto Aji memasang backdrop gambar Garuda Biru bertuliskan Peringatan Darurat yang sebelumnya ia unggah di jagat maya. Sejumlah kerabat hingga penggemar pun mengunggahnya di Instagram Stories mereka.

Semangat karena aspirasinya didukung banyak orang, Kunto Aji mengunggah ulang sejumlah video dan foto aksi di atas panggung dengan backdrop bergambar Garuda Biru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satu Kata: Respect

Bersama video dan foto tersebut, hanya ada satu kata dari para pengunggah momen kepada Kunto Aji: Respect! Salah satu pihak yang memberi respek adalah Baskara Putra alias Hindia.

"Rispek total my king @kuntoajiw," tulis Baskara Putra, mengintip Instagram Stories @wordfangs, dikutip Jumat (23/8/2024).

"Rispek!" tulis seorang netizen singkat.

 

3 dari 4 halaman

Ajakan dari Hindia

Aksi Kunto Aji ini sejalan dengan ajakan Baskara Putra. Pemilik nama panggung Hindia ini sempat meminta rekan-rekan musisi yang peduli kondisi negeri untuk memajang visual "Peringatan Darurat" selama manggung.

"Ingin mengajak kawan-kawan musisi (dan siapapun yang manggung dan bisa melakukan) untuk menggunakan visual Peringatan Darurat saat tampil di panggung hingga 5 hari ke depan (setidaknya sampai 27 Agustus) untuk mengawal putusan MK dan agar tetap ada tekanan dari publik," tulis Baskara Putra melalui akun Twitter/X @wordfangs, dikutip Jumat (23/8/2024).

 

4 dari 4 halaman

Peringatan Darurat Digaungkan Para Pesohor hingga Musisi

Dilansir dari kanal News Liputan6.com, gambar yang memperlihatkan Garuda Pancasila warna biru dengan tulisan Peringatan Darurat viral sejak Rabu (21/8/2024). Gambar ini menjadi simbol perlawanan setelah Badan Legislasi DPR bersama pemerintah menyepakati Revisi Undang-Undang Pilkada untuk dibawa ke rapat paripurna pada 21 Agustus 2024.

Revisi UU Pilkada ini dianggap bertentangan dengan keputusan MK, yang membolehkan partai politik tanpa kursi di DPRD mengusung calon di pilkada. Padahal, MK melalui putusannya nomor 60/PUU-XXII/2024 dan 70/PUU-XXII/2024 memberikan angin segar untuk alam demokrasi di Indonesia.

Unggahan Peringatan Darurat meluas di medsos, termasuk digaungkan sejumlah pesohor Tanah Air di antaranya Najwa Shihab, Soleh Solihun, Ernest Prakasa, hingga musisi seperti Kunto Aji, Duta Sheila On 7, Tantri Kotak, dan Fiersa Besari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.