Sukses

Synchronize Fest 2024 Kembali Digelar, 160 Musisi Bersatu dalam Tema Together Bersama

Synchronize Fest merelevansi budaya kreatif musik Indonesia pada hari ini dan menjadi wadah ekspresi untuk melebur dengan kesesuaian zaman.

Liputan6.com, Jakarta Festival musik Synchronize Fest 2024 kembali hadir dengan tema yang berbeda. Tahun ini, festival dengan lintas genre dan generasi itu mengusung tema "Together Bersama" yang akan digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada 4, 5, 6 Oktober 2024

Saat digagas pertama kali, Synchronize Fest memiliki upaya untuk meningkatkan kesadaran kolektif dalam musik Indonesia sebagai tuan rumah di dalam negeri. Tak hanya itu, Synchronize juga menjadi value terhadap luasnya spektrum musik di Indonesia.

Dengan kebersamaan, Synchronize Fest merelevansi budaya kreatif musik Indonesia pada hari ini dan menjadi wadah ekspresi untuk melebur dengan kesesuaian zaman.

Direktur Festival Synchronize Fest, David Karto, membeberkan alasan mengusung tema "Together Bersama" tahun ini karena melihat dari sisi

"Jadi cerita sedikit, sebelumnya tema "Together Bersama" dari tahun ke tahun kita sudah menyiapkan dari sisi stakeholders melihat dimana Synchronize tahun ini merespon secara concern baik di Indonesia maupun luar Indonesia, kurang lebih prosesnya kayak gitu," ungkap David Karto di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

"Dan kita baru ngerespon kolaborasi terhadap di Indonesia dengan yang di luar Indonesia, makanya dinamakan "Together Bersama"," tambahnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Musisi Indonesia dan Internasional

Dengan semangat Together Bersama, dapat diwujudkan lewat 160 musisi Internasional maupun lokal yang akan mengisi tujuh panggung Synchronize Festival.

Tak hanya itu, David Karto juga mengungkap untuk memasukan musisi luar negeri ke dalam Synchronize Fest tahun ini, hal itu sudah dipikirkan sejak dua tahun lalu dengan menunggu momen yang tepat.

"Jadi kami tuh pengen lebih ekspresiin lagi tentang ke Indonesia-an, kan selama ini orang-orang cuma liat Synchronize sebagai festival musik Indonesia gitu ya pernah nggak kita buat keluar? Nah ini jadi kesempatan, bisa melihat sejauh mana musik Indonesia berkembang di sana (luar negeri)," imbuh sang Direktur Synchronize Fest itu.

3 dari 4 halaman

Mengidupkan Panggung

Seniman multi disiplin, Edhy Kemod dan Taba Sanchabaktiar yang di daulatkan sebagai show director yang akan membuat panggung Synchronize Fest lebih hidup dan maksimal.

"Dari pertunjukan yang memiliki eksperimen dengan teknologi sampai buat pertunjukan yang formatnya opera, ini bakalan jadi ajang eksperimen bagi kami yang menghadirkan pertunjukan unik dan semoga dapat memberikan kesan," tutur Edhy Kemod.

Sederet musisi yang akan mengisi panggung Synchronize Festival 2024 antara lain, Bondan Prakiso & Fade2Black, Dewi Persik feat. Aldi Taher, Bagi Rapot Sambil Karaoke, Killing Me Inside RE:UNION X Pee Wee Gaskins, Wali, Superman Is Dead, Maliq & D'Essentials, Bernadya hingga musisi pendatang seperti Asal Bunyi (Texpeack, Rrag, Swelow), Dazzle, Funeruuu, Sukatani, Tamat.

4 dari 4 halaman

Deretan Musikus

Selanjutnya juga tampil 5 Diva muda masa depan SRICANDY: Lyodra, Mahalini, Ziva Magnolya, Tiara Andini, Keysa Levronka yang tampil dalam satu panggung, Pertunjukan SORE DAN KAWAN-KAWAN (Afghan, Ardhito Pramono, Atilia Haron, Bilal Indra Jaya, Fanny Soegi, Cholil Mahmud, Noh Salleh, Pusakata, Rian Ekky Pradipta.

Hadir pula pertunjukan istimewa dari NKKE ARDILLA LIVE BERSAMA (Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, Tantri "KOTAK"); ROCM OPERA KEN AROK: HARRY ROESLI (ANDY/rif, Arie Kriting, Dira Sugandi, FauzanLubis, Candil, Hari Pochang, Isyana Sarasvati, Indra Lesmana, Soleh Solihun, Sri Hanugara, (Theater Mainmolog) musik oleh Gerald Situmorang. Dan ada perayaan 60 TAHUN ELVY SUKAESIH BERKARYA yang tentunya menjadi ajang penghormatan untuk musisi yang sudah lama berdedikasi dengan melahirkan karya-karya monumental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.