Sukses

6 Fakta Ed Sheeran, Baru Saja Ditahbiskan Sebagai Salah Satu Pop Star Terbesar Abad Ini Versi Billboard

Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Ed Sheeran terus membubuhkan prestasi membanggakan dalam karier bermusiknya. Kali ini, namanya masuk di peringkat 24 Billboard sebagai Bintang Pop Terbesar di Abad ke-21.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Ed Sheeran terus membubuhkan prestasi membanggakan dalam karier bermusiknya.

Kali ini, namanya masuk di peringkat 24 Billboard sebagai Bintang Pop Terbesar di Abad ke-21.

Gelar tersebut sontak jadi pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa terhadap musik pop. Termasuk pengaruh musiknya pada industri musik, para musisi, hingga kepada para penggemarnya.

Lalu, seperti apa perjalanan kariernya hingga sesukses sekarang? Berikut 6 fakta menarik tentang Ed Sheeran yang dirangkum Liputan6.com, Sabtu, 31 Agustus 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Memulai dari Nol

Kesuksesan Ed Sheeran berawal dari kerja keras. Sebelum merilis album pertamanya dan menjadi bintang pop dunia, pria kelahiran 17 Februari 1991 ini memulai kariernya dengan merilis mini album bertajuk Spinning Man di tahun 2004.

Ia juga tercatat sempat bermain dari panggung kecil ke panggung kecil lainnya untuk mempromosikan lagu-lagunya, sembari sesekali mengikuti beberapa audisi, dan bahkan menjadi kru untuk band asal Inggris, Nizlopi, yang kemudian memberikannya ruang untuk unjuk gigi sebagai performer pembuka di Norwich pada 2008.

 

3 dari 7 halaman

2. Diawali dari Single The A Team

Tak berhenti di situ, Ed terus meluncurkan mini album hingga akhirnya mulai banyak dikenal. Terutama setelah rilisnya EP Loose Change di 2010 yang melahirkan single "The A Team", salah satu jalan pembuka kesuksesan untun Ed Sheeran.

Akhirnya, lewat kerja kerasnya untuk terus melahirkan mini album, melakukan konser, dan terus memunculkan banyak penggemar, Ed Sheeran kemudian dilirik oleh perusahaan label Asylum Records, dan sukses merilis album perdananya.

 

4 dari 7 halaman

3. Terpengaruh Berbagai Genre Musik

Jika didengar dengan seksama, musik Ed Sheeran banyak dipengaruhi oleh berbagai genre, termasuk folk, pop, dan hip-hop, yang terlihat dalam variasi gaya musiknya.

Beberapa waktu lalu, Ed Sheeran bahkan mengaku jika dirinya adalah fans berat dari band punk legendaris, The Offspring. Mereka sempat manggung bareng membawakan salah satu lagu The Offspring favorit Ed Sheeran, "Million Miles Away".

 

5 dari 7 halaman

4. Punya 7 Album yang Mendunia

Hingga saat ini, Ed Sheeran tercatat telah memiliki 7 album, yang totalnya telah mencapai penjualan 150 juta kopi di seluruh dunia.

Angka tersebut memasukkannya ke daftar penyanyi atau musisi dengan penjualan musik terbesar sepanjang sejarah. Menyandingkannya dengan musisi muda lainnya seperti Justin Bieber, Bruno Mars, dll.

 

6 dari 7 halaman

5. Mencetak Rekor di Industri Musik

Selain mencatatkan penjualan musik yang luar biasa, Ed juga sukses beberapa kali membuat rekor di karier musiknya.

Beberapa di antaranya adalah rekor Guiness untuk album dengan penjualan tercepat di Inggris dan lagu dengan streaming terbanyak di Spotify.

 

7 dari 7 halaman

6. Beberapa Kali Muncul di Film

Tak hanya bermusik, Ed Sheeran pun pernah terlibat dalam beberapa proyek film dan televisi. Beberapa yang paling memorable adalah kameonya di film Yesterday, Red Notice, hingga serial Game of Thrones.

Masih seputar film, Ed Sheeran juga sempat didapuk untuk membuat soundtrack film The Hobbit: The Battle of the Five Armies.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini