Sukses

6 Deretan Artis yang Maju di Kontestasi Pilkada 2024, Ada Gilang Dirga hingga Kris Dayanti

Sederet artis Tanah Air telah memutuskan untuk terjun ke dunia politik dengan ikut serta dalam Pilkada 2024, yang secara resmi sudah mendaftarkan ke KPU di daerah masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah artis ternama Indonesia telah memutuskan untuk terjun ke dunia politik dengan mengikuti Pilkada 2024. Mereka secara resmi sudah mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah masing-masing tempat mereka mencalonkan.

Mayoritas dari kalangan artis ini maju sebagai calon wakil kepala daerah dan didukung oleh sejumlah partai politik yang berbeda. Keputusan mereka ini tentu menjadi perhatian publik, mengingat belakangan mereka berasal dari dunia hiburan.

Selain Kris Dayanti, yang mencalonkan diri sebagai wali kota, ada sejumlah kalangan artis lain yang memilih untuk maju sebagai calon wakil, menunjukan minat yang semakin besar dari kalangan selebriti untuk terlibat aktif dalam pemerintahan.

Berikut Showbiz Liputan6.com telah merangkum 6 deretan artis Tanah Air yang maju di kontestasi Pilkada 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ronal Surapradja

Ronal Surapradja diumumkan sebagai calon wakil gubernur yang diusung oleh PDIP untuk Pilkada Jawa Barat 2024 pada saat akhir-akhir pendaftaran. Ronal akan mendampingi Jeje Wiradinata dalam kontestasi tersebut.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa Anies Baswedan akan diusung oleh PDIP, namun dirinya memilih untuk tidak mencalonkan diri dalam Pilgub Jabar.

3 dari 7 halaman

2. Gilang Dirga

Artis Gilang Dirga bersaing dengan Jeje Govinda pada Pilkada Kabupaten Bandung Barat 2024. Secara resmi mencalonkan sebagai Wakil Bupati untuk mendampingi Didik Agus T yang diusung oleh partai PKS dan Demokrat.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati KBB, Didik dan Gilang Dirga (DILAN) menggelar deklarasi sebelum pendaftaran resmi ke KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB),” tulis Gilang di Instagram pribadi @gilangdirga, Rabu (28/8/2024).

4 dari 7 halaman

3. Kris Dayanti

Kris Dayanti atau yang biasa dipanggil KD, telah resmi mencalonkan diri dalam Pilkada kota Batu 2024 sebagai calon wali kota dengan dukungan dari PDIP dan Partai Nasdem. Penyanyi ini menggandeng Kresna Dewanata Phrosakh. Sebelumnya, KD sempat menyatakan mundur dari pencalonan, tetapi pada 28 Agustus 2024, mereka berdua secara resmi medaftar ke KPU Kota Batu.

Kris Dayanti-Dewa baru saja resmi mendaftar ke KPU sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu,” tulis Kris Dayanti di Instagram.

5 dari 7 halaman

4. Jeje Govinda

Setelah sempat mengalami ketidakpastian, Ritchie Ismali, yang dikenal sebagai Jeje Govinda, akhirnya resmi maju dalam Pilkada 2024. Dirinya mencalonkan sebagai wakil bupati Bandung Barat bersama Asep Ismail, yang secara resmi mendaftar di KPU Bandung Barat pada 28 Agustus 2024.

Dengan segala kerendahan hati, saya dan @h.asepismail memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kab. Bandung Barat,” tulis Jeje di Instagram.

6 dari 7 halaman

5. Vicky Shu

Vicky Shu telah memutuskan untuk terjun ke Pilkada Kabupaten Cilacap 2024 sebagai calon wakil bupati, berpasangan dengan Awaluddin Muuri.

Keduanya secara resmi  mendaftar ke KPU Cilacap pada 29 Agustus 2024, dengan dukungan dari Partai Gerindra,NasDem, dan PPP.

 

7 dari 7 halaman

6. Rano Karno

Rano Karno berpasangan dengan Pramono Anung dalam Pilgub DKI Jakarta. Pasangan calon yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini secara resmi mendaftar dengan menaiki oplet.

Sebelumnya, pemeran ‘Si Doel Anak Sekolahan’ ini sempat dirumorkan akan menjadi wakil Anies Baswedan. Namun, sebelum pendaftaran resmi ke KPU Jakarta, PDIP memutuskan untuk tidak mengusung Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.