Sukses

Pemain Keyboard The Cure Roger O'Donnell Didiagnosis Limfoma, Tipe Kanker Langka dan Ganas

Roger O'Donnell The Cure menerangkan bahwa kini dirinya sudah menjalani perawatan selama 11 bulan di bawah pemantauan para spesialis terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pemain keyboard band The Cure, Roger O'Donnell, menyambut Bulan Kesadaran Kanker Darah di Inggris dengan membagikan sebuah kabar mengejutkan mengenai kondisi kesehatannya yang berkaitan dengan penyakit ini.

Diwartakan People, pada Minggu (1/9/2024) kemarin, ia membagikan sebuah foto hitam putih yang memperlihatkan dirinya bersama sang kekasih, Mimi. Pria 68 tahun tersebut mengungkap bahwa setahun lalu ia didiagnosis dengan penyakit kanker darah dalam sistem lifatik, atau limfoma, yang langka dan ganas. 

"Pada September tahun lalu, aku didiagnosis dengan tipe limfoma yang sangat langka dan agresif," tulisnya. 

Ia meneruskan, "Aku mengabaikan gejala-gejala tersebut selama beberapa bulan, tetapi akhirnya aku bergerak dan menjalani operasi. Hasil biopsinya membuatku hancur."

Roger menerangkan bahwa kini dirinya sudah menjalani perawatan selama 11 bulan di bawah pemantauan para spesialis terbaik di dunia. 

"Aku mendapat manfaat dari imunoterapi 'sci-fi' dan beberapa obat yang pertama kali digunakan 100 tahun yang lalu...Fase terakhir dari pengobatan ini adalah radioterapi, dan juga merupakan salah satu pengobatan pertama yang dikembangkan melawan kanker," tutur pria yang bergabung di The Cure sejak 1987 ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Menjalani Tes

Roger O'Donnell mengatakan sejak ia memulai perawatan pada musim gugur tahun lalu, ia merasa dirinya telah membaik. "Si pembunuh gila berkapak mengetuk pintu dan kami tak menjawabnya," ia bercanda. 

Pada akhirnya, ia menitip pesan untuk tak menyepelekan gejala kanker.

"Kanker BISA dikalahkan, tapi bila kalian didiagnosis lebih awal kalian memiliki kesempatan yang lebih bagus. Jadi saranku adalah PERGILAH MENJALANI TES, kalau kamu punya sedikit saja perasaan bahwa kamu punya gejalanya," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Beri Dukungan

Roger juga meminta agar publik memberikan dukungan kepada orang-orang yang tengah menderita sakit. "Kalau kalian kenal dengan orang yang sedang sakit atau menderita, bicaralah pada mereka. Setiap kata membantu--percayalah, aku tahu rasanya," kata dia. 

Terakhir ia berterima kasih kepada sahabat, keluarga, tim dokter, dan juga Mimi yang membantunya menghadapi penyakit ini. "Kadang lebih sulit untuk menghadapi hal ini di sisi yang lain," kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Tak Ikut Tur The Cure

Sementara itu, pada tahun lalu The Cure mengumumkan bahwa Roger O'Donnell tidak ikut serta dalam tur Amerika Latin mereka, Shows of a Lost World. 

Alasannya karena masalah kesehatan yang tidak disebutkan secara detail. Pada saat itu, grup pelantun "Friday I'm in Love" ini menulis di media sosial, mendoakan agar sang keyboardist segera pulih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini