Sukses

Parade Musisi yang Meriahkan Synchronize Fest 2024: Ada Maliq & D'Essentials, Bernadya, hingga Haddad Alwi

Synchronize Fest 2024 mengangkat semangat kebersamaan dalam teman besar, Together Bersama.

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada yang istimewa dalam tahun demi tahun penyelenggaraan Synchronize Fest. Namun landasannya tetap satu, yakni upaya membangun kesadaran kolektif merayakan musik Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Tak hanya itu, festival musik ini juga tetap menjaga value untuk menjadi etalase luasnya spektrum musik Indonesia.

Nah, untuk Synchronize Fest 2024 yang akan digelar di Gambir Expo Kemayoran, pada 4, 5, 6 Oktober 2024 mendatang, teman yang dipilih adalah “Together Bersama.”

"Synchronize Fest tahun ini dengan ‘Together Bersama’ sebagai tema besar menjadi amplifikasi kita semua untuk saling bergandengan tangan dan mendukung ekosistem kreatif di Indonesia, juga masyarakat dunia. ” jelas David Karto, Direktur Festival Synchronize Fest, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (4/9/2024). 

Semangat “Together Bersama” ini diwujudkan lewat kehadiran 160 penampil yang akan mengisi tujuh panggung di festival musik ini.

Mereka antara lain Bagi Rapot Sambil Karaoke, Killing Me Inside RE:UNION X Pee Wee Gaskins, Bondan Prakoso & Fade2Black, Dewi Perssik feat. Aldi Taher, Guyon Waton, Maliq & D'Essentials, Wali, Superman Is Dead, hingga grup dan musisi pendatang baru seperti Asal Bunyi (Texpack, Rrag, Swellow), Bernadya, Dazzle, Funeruuu, Sukatani, Tamat, dan lain-lain.

Hal lain yang menarik, Synchronize Fest juga menghadirkan inklusivitas dengan memberi panggung kepada musisi yang memiliki napas spiritual dalam karya-karya mereka. 

Ada Haddad Alwi feat. Sulis Cinta Rasul dan Yasmin yang dikenal dengan lagu-lagu religi Islam, Sidney Mohede yang membawakan lagu-lagu spiritual Kristiani, juga Barry Likumahuwa yang mengusung konsep “Pengharapan” dengan pendekatan musik gospel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persembahan Spesial di Synchronize 2024

Synchronize Fest juga menghadirkan sejumlah program istimewa, untuk memberikan penghormatan pada musisi-musisi yang telah lebih dulu merintis karier bermusik dan melahirkan karya-karya monumental

Beberapa di antaranya adalah Nike Ardilla Live Bersama (Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, Tantri Kotak); Rock Opera Ken Arok: Harry Roesli (Andy /rif, Arie Kriting, Candil, Dira Sugandi, Fauzan Lubis, Hari Pochang, Indra Lesmana, Isyana Sarasvati, Oslo Ibrahim, Sal Priadi, Soleh Solihun, Sri Hanuraga, Teater Mainmonolog) musik oleh Gerald Situmorang; serta 60 Tahun Elvy Sukaesih Berkarya. 

Ada pula panggung yang menghadirkan sejumlah tema menarik seperti penampilan 5 diva muda masa depan Sricandy: Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, Mahalini, Keisya Levronka yang akan tampil di dalam satu panggung; Pertunjukan Sore dan Kawan-Kawan (Afgan, Ardhito Pramono, Atilia Haron, Bilal Indrajaya, Cholil Mahmud, Fanny Soegi, Pusakata, Noh Salleh, Rian Ekky Pradipta).

Hadir pula program musik Inbox SCTV Live at Synchronize Fest dengan menampilkan 7ICONS, CHIBI-CHIBI, D'Bagindas "C.I.N.T.A", Hello Band, Repvblik, dengan host Andhika Pratama, Gading Marten, dan Audi Marissa.

 

3 dari 4 halaman

Artis Luar Indonesia Ikut Ambil Bagian

Synchronize Fest 2024 juga dimeriahkan dengan sejumlah artis luar negeri. Menariknya, para musisi dunia dari belahan dunia lain ini turut menyemarakkan musik Indonesia dengan cara masing-masing. 

Mereka adalah Koes Barat (Amerika Serikat), Nusantara Beat (Belanda), Sheila Majid & Tohpati (Malaysia - Indonesia), AK//47 (diaspora Indonesia di Amerika Serikat - Indonesia), Arrington De Dionyso & Singo Sembrono (Amerika Serikat - Indonesia), Eastern Margins (Asia Tenggara - Inggris), Island Vibes Reggae Party (Jamaika - Indonesia) - Lutan Fyah, CTTZ, Alvons, Richard D'Gilis, S2B Family, Lawa, Kamga, Conrad Good Vibration.

Selain itu akan tampil G-Pluck yang merepresentasikan bagaimana musik Barat turut ambil bagian dalam mempengaruhi kultur pop di Indonesia.

“Synchronize Fest tahun ini melakukan penjelajahan seputar gagasan keberagaman dan kebersamaan di dalam musik Indonesia. Selain menyajikan 14 pertunjukan spesial, kami menghadirkan beberapa musisi luar negeri yang selama ini dikenal lewat karya-karya yang kental dengan narasi ke-Indonesiaan. Kehadiran mereka diharap membawa sudut pandang yang lebih luas tentang musik Indonesia dan bagaimana pengaruhnya pada komunitas musik global,” kata David Tarigan, selaku Artist & Repertoire.

 

4 dari 4 halaman

Perayaan Synchronize Fest 2024 makin seru berkat dukungan dan kolaborasi dengan para sponsor. Panggung Dynamic disponsori oleh Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta, untuk generasi produktif berjiwa solopreneur.

Kolaborasi ini diwujudkan melalui hadirnya program bagi-bagi tiket gratis oleh Bank Saqu untuk para Warga-Wargi dan #TemanSeperjuangan yang mulai diadakan pada 4 September 2024. Selain itu, hadir pula Orang Tua Group yang mensponsori panggung District, serta Bold Music yang mensponsori Forest Stage.

Tiket Synchronize Fest bisa diperoleh melalui website resmi www.synchronizefestival.com. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.