Sukses

Habib Husein Jafar Puji Kesederhanaan Paus Fransiskus, Salah Satunya Pakai Jam Seharga Rp124.000

Habib Husein Jafar sangat kagum dengan Kesederhanaan

Liputan6.com, Jakarta Habib Husein Jafar menyebut salah satu sikap Paus Fransiskus yang dapat diteladani masyarakat Indonesia. Yakni sikap kesederhanaan beliau yang dapat menjadi contoh baik, di saat banyak orang seolah berlomba-lomba mempertontonkan kemewahan di media sosial. 

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia mendapatkan sorotan masyarakat. Salah satunya jam yang dikenakan orang nomor 1 di Vatikan tersebut, yang sempat viral dan menjadi perbincangan di jagad Maya.

"Ya, yang paling populer adalah kesederhanaannya. Yang banyak beredar kan tentang tempat tinggalnya, tentang mobilnya, kemudian tentang pesawat yang dinaikin beliau ke sini," kata Habib Husein Jafar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

"Dan jam tangannya yang harganya, Rp124.000. Padahal saya pakai Apple Watch. Paus dengan kesederhanaan. Tentu ini pukulan dan kritik keras," Habib Husein Jafar menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kritik Untuk Banyak Orang

Tanpa bermaksud menunjuk individu atau kelompok tertentu, menurut Habib Ja'far, ini merupakan kritik untuk banyak orang yang hidup dalam hedonisme. 

"Saya sebagai anak muda ingin introspeksi diri bahwa begitu banyak anak muda yang hidup dalam hedonisme, dan mempertontonkan hedonisme itu di media sosial. Ini kritik dari seorang Paus melalui pesan kesederhanaan," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Pemilihan Sepatu

Bahkan ada satu cerita yang didengar Habib Jafar soal keserhanaan Paus dalam memilih sepatu yang dikenakan. Padahal selama ini Paus identik dengan sepatu berwarna merah dan putih. 

"Namun Paus Fransiskus memilih sepatu hitam yang sudah lusuh, yang sudah banyak lekukan-lekukan yang tidak bisa diluruskan lagi. Itu menunjukkan ini sepatu yang telah lama dipakai oleh beliau sebagai komitmen," kata Habib Jafar.

 

4 dari 4 halaman

Hedonisme

Menurut Habib Jafar, dewasa ini banyak orang yang mempertontonkan hedonisme, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial. Sementara dalam konteks agama Islam sendiri, dilarang mempertontonkan kemewahan di hadapan orang yang membutuhkan. 

"Jangan pernah bicara makanan ke orang yang sedang kelaparan. Jangan pernah bicara minuman kepada orang yang sedang membutuhkan air. Jangan pernah bicarakan kelebihan kamu kepada seseorang yang mendapatkan itu sebagai kekurangan. Dan Paus mengajarkan kita untuk sederhana dan memberikan pesan kesederhanaan kepada orang-orang," pungkas Habib Husein Jafar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.