Sukses

Podcast Ancur Inisiasi Podcast Hunt 2024, Wadah Segar Bagi Kreator Pendatang Baru

Podcast Ancur secara resmi membuka ajang untuk mencari podcaster baru lewat Podcast Hunt 2024. Bertujuan untuk menjaga industri podcast di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Podcast Ancur membuka peluang bagi podcaster baru yang memiliki bakat lewat Podcast Hunt 2024 yang bekerja sama dengan Spotify. Diselenggarakan oleh Randhika Jamil, Patra Gumala, dan Diaz Danar, ajang ini bertujuan untuk melahirkan lebih banyak kreator video podcast baru yang dapat menghidupkan industri podcast di Indonesia.

Minat masyarakat terhadap podcast terus meningkat. Selama lima tahun belakangan, podcast dalam bentuk video meningkat 6 kali lipat dibandikan podcast dengan format audio.

Patra Gumala mengungkap bahwa ide untuk mengadakan acara ini sudah muncul dua tahun lalu, ketika banyak podcast lain yang meminta Podcast Ancur untuk memberikan evaluasi.

“Ide awalnya tuh udah lama ya, sekitar dua tahun lalu. Hampir tiap minggu kita di-tag sama podcast-podcast lain gitu. Podcast apa ya, oh dengerin podcast saya. Hampir tiap minggu beda-beda,” tutur Patra Gumala di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Industri Podcast Punya Banyak Peluang

Tak hanya itu, Diaz Danar juga menyoroti bahwa ajang ini cukup menjanjikan dan bisa menjaga ekosistem podcast yang ada di Indonesia. Terlebih bahwa industri podcast masih banyak memiliki peluang untuk tumbuh.

“Podcast tuh punya banget peluang untuk terus berkembang walaupun baru lima tahun di Indonesia, nah maka dari itu kami dari Podcast Ancur peduli dengan ekosistemnya,” tutur Diaz Danar.

“Nah dengan industri ini kami bisa buka peluang buat para podcaster baru di luar sana biar ada regenerasi,” tambahnya.

3 dari 5 halaman

Bisa Memperkuat Ekosistem Podcast

Randika Jamil juga ikut menekankan dengan hadirnya para pemain baru di dunia podcast bisa menghindari kejenuhan, mereka mengajak para podcaster untuk ikut dalam memperkuat ekosistem ini.

“Kalo pemainnya cuma kita doang bertiga ya udah pasti bosan, makanya kami undang mereka buat munculin para podcaster yang ada tapi belum kedenger. Sama-sama kita buat ekosistemnya besar,” imbuh Randika Jamil.

4 dari 5 halaman

Dapat Dukungan dari Spotify

Ide yang dibentuk oleh Podcast Ancut ini mendapatkan sambutan yang positif dari Spotify untuk mendukung keberlangsungan ajang tersebut.

“Kami begitu antusias melihat banyak kreator baru muncul dari Podcast Hunt 2024 mendatang. Inisiatif ini merupakan bukti kreativitas dan semangat luar biasa dalam komunikat podcasting Indonesia,” ujar Carl Zuzarte selaku Head of Podcast Spotify Southeast Asia.

5 dari 5 halaman

Resmi Dibuka

Pendaftaran untuk Podcast Hunt 2024 telah resmi diibuka secara gratis mulai hari ini dan akan berakhir pada 21 September 2024. Seleksi Podcast Hunt 2024 akan berlangsung dalam dua tahap, tahap pertama untuk 50 peserte terpilih akan mengikuti dua sesi workshop sebagai persiapan untuk memproduksi podcast yang nantinya akan dinilai juri, yaitu Oki Rengga dan Vonita Angie.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini