Sukses

6 Fakta Giring Ganesha yang Sempat Viral Usai Nyanyikan Kembali Lagu Sang Mantan, Nidji

Setelah lepas cukup lama dari band yang pernah membesarkan namanya, Nidji, lantaran fokus berpolitik, Giring Ganesha belakangan mulai kembali aktif di industri musik Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lepas cukup lama dari band yang pernah membesarkan namanya, Nidji, lantaran fokus berpolitik, Giring Ganesha belakangan mulai kembali aktif di industri musik Tanah Air.

Pria yang kini berusia 41 tahun itu, beberapa kali terlihat di panggung musik, membawakan lagu-lagu yang diciptakannya bareng Nidji.

Para pecinta musik, termasuk penggemar Nidji, menyambut baik kehadiran Giring, meski tak lagi menyatu dengan Nidji.

Berikut 6 fakta Giring Ganesha atau Giring Nidji yang viral lagi ketika membawakan ulang salah satu single paling hits milik Nidji yang berjudul, Sang Mantan, seperti dirangkum Liputan6.com, Jumat, 6 September 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Keluar dari Nidji

Perjalanan Giring bersama Nidji seperti diketahui berakhir di 2017, dengan alasan ingin beristirahat sejenak dari dunia musik. Dalam sebuah wawancaranya dengan vokalis Dewa 19, Ari Lasso, Giring sempat menyebutkan jika rutinitas yang ia lakukan bareng bandnya, membuatnya merasa seperti robot.

"Dua-tiga tahun terakhir gue udah kayak robot. Manggung dan melakukan hal yang sama," ujar Giring.

Sepeninggal Giring, Nidji kemudian resmi mengangkat penyanyi jebolan Indonesian Idol, Ubay, untuk menjadi vokalis. Posisi ini pun bertahan hingga saat ini.

 

3 dari 7 halaman

2. Masuk Politik

Selepas meninggalkan dunia musik, Giring tampak fokus menjadi pengusaha dan juga mulai menjajal dunia politik. Ia bahkan sempat menjadi ketua umum partai dan mencalonkan diri menjadi presiden.

Apa yang dilakukan Giring ini bertahan lumayan lama hingga akhirnya memutuskan untuk kembali sepenuhnya ke dunia musik.

 

4 dari 7 halaman

3. Kembali ke Dunia Musik

Meski cukup lama meninggalkan industri musik Tanah Air, langkah Giring untuk kembali terlihat cukup mulus. Bahkan di bawah payung label yang dulu pernah menanganinya bersama Nidji, yakni Musica Studios, Giring di awal 2020 merilis single baru bertajuk "Sendiri" yang cukup sukses diterima oleh penikmat musik Indonesia.

Lagu "Sendiri" diketahui pernah dipopulerkan oleh penyanyi legendaris Chrisye. Lagu ini merupakan karya dari Guruh Sukarnoputra di tahun 1984.

 

5 dari 7 halaman

4. Duet Bareng Dul Ahmad Dhani

Selain merilis lagu Sendiri, Giring juga sempat berduet dengan salah satu putra Ahmad Dhani, yaitu Dul Jaelani. Masih di bawah payung label Musica Studios, keduanya menyanyikan lagu bertajuk "Burung Gereja" yang merupakan karya dari Dul.

"Lagu ini sangat spesial, lagu ini Dul ciptakan saat berumur 16 tahun, saat dia lagi jatuh cinta dengan seorang wanita. Saya bersyukur diberi kepercayaan untuk membawakan lagu ini.” ujar Giring terkait duetnya ini.

 

6 dari 7 halaman

5. Ditolak Reuni oleh Nidji

Di tengah karier solonya, sempat berhembus kabar bahwa Giring berniat untuk melakukan reuni dengan Nidji. “Saya sih pengin, tapi belum tahu sama yang lain,” kata Giring pada April 2024, lalu.

Meski pernyataan Giring tersebut sempat menimbulkan kehebohan di kalangan fans, namun rumor ini langsung tenggelam setelah personil Nidji, Randy menolak rencana itu. "Reuni? Sorry ye..." Jawab Randy melalui akun Twitternya.

Menanggapi jawaban Randy, Giring mengaku bisa mengerti. Ia bahkan sempat meminta maaf kepada masyarakat atas kehebohan terkait pernyataannya soal reuni.

 

7 dari 7 halaman

6. Nyanyikan Kembali lagu Nidji

Meski sudah bukan lagi anggota Nidji, sulit juga rasanya untuk menolak kharisma khas yang dipancarkan Giring ketika menyanyikan ulang lagu dari band tersebut.

Tercatat, Giring sudah menyanyikan beberapa lagu Nidji, antara lain "Biarlah", "Hapus Aku", "Laskar Pelangi", "Sumpah dan Cinta Matiku", serta "Sang Mantan" yang baru saja dirilis melalui akun YouTubenya.

Di lagu ini, Giring sukses menyuguhkan kembali 'ruh' dari lagu yang ternyata adalah ciptaannya tersebut. Aransemen yang fresh juga membuat lagu ini terasa nyaman di telinga yang ingin bernostalgia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini