Sukses

6 Momen Slank Ubah Lirik Lagu Anak Mami Pakai Pesawat Pribadi, Disebut Kental Nuansa Sindiran

Grup band rock legendaris asal Jakarta, Slank baru-baru ini membuat heboh publik saat manggung di Palu, Sulawesi Tenggara pada Kamis 29 Agustus 2024 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Grup band rock legendaris asal Jakarta, Slank baru-baru ini membuat heboh publik saat manggung di Palu, Sulawesi Tenggara pada Kamis 29 Agustus 2024 lalu.

Ketika menyanyikan lagu Anak Mami, Slank diketahui mengubah liriknya menjadi sebuah sindiran. Apa yang dilakukan Slank pun langsung menuai reaksi dari publik.

Grup band dengan personel Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar), Abdee (gitar) dan Bimbim (drum) mengubah lirik lagu Anak Mami dengan menggunakan kata-kata bernuansa sindiran, seperti 'Pakai Pesawat Pribadi'

Berikut 6 fakta terkait aksi Slank saat membawakan lagu Anak Mami di depan ribuan fansnya, seperti dirangkum Liputan6.com, Jumat, 6 September 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Genap Berusia 50 Tahun

Akhir tahun 2023, Slank diketahui baru saja merilis album bertajuk Joged. Album yang dirilis melalui Slank Records ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-50 Slank.

 

3 dari 7 halaman

2. Vokal Terhadap Isu Sosial

Di sepanjang kariernya, Slank memang terkenal kerap menyuarakan isu sosial. Lagu-lagu seperti "Feodalisme (Warisan Kompeni)" hingga "Hey Bung", menjadi deretan peluru kritik Slank untuk pemerintah.

Di tahun 2008, Slank juga sempat menuai sorotan publik saat menyanyikan lagu "Gosip Jalanan", sebagai bentuk dukungan untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), secara langsung di Gedung KPK.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Mendukung Presiden Jokowi

Di era Pemerintahan Jokowi, Slank memutuskan untuk memberikan dukungannya selama dua periode. Banyak yang lantas menganggap Slank sudah tidak lagi sekeras dulu dalam mengungkapkan keresahannya terhadap pemerintah.

 

5 dari 7 halaman

4. Lagu Anak Mami

Single "Anak Mami" merupakan salah satu lagu lama Slank yang dirilis pada 1999. Lagu ini merupakan bagian dari album kesembilan Slank, 999+09, yang memuat 27 lagu, dan diedarkan dalam versi 2 album sekaligus.

Selain "Anak Mami", beberapa single hits dari album ini adalah "Ngangkang", "Orkes Sakit Hati", dan "Bintang Kesiangan".

 

6 dari 7 halaman

5. Kembali Sindir Pemerintah

Saat manggung di Sulteng Emas, Palu, Sulawesi Tenggara pada 29 Agustus lalu, Slank akhirnya kembali menyuarakan keresahannya terhadap pemerintah.

Lirik lagu "Anak Mami" diubahnya menjadi sebuah sindiran, terkait kondisi politik Indonesia yang sempat memanas akibat revisi UU Pilkada. "Anak Mami berdikari, pergi pakai pesawat pribadi. Berlindung di balik papi, tiap hari party," lantun sang vokalis Kaka.

 

7 dari 7 halaman

6. Diduga Sindir Kaesang Pangarep

Sindiran Slank diduga ditujukan untuk putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang terbang bersama istrinya, Erina Gudono ke Amerika Serikat di tengah kondisi politik Indonesia yang tengah memanas.

Diketahui, rakyat kala itu tengah menentang rencana DPR merevisi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) perihal ambang batas usia calon pemimpin daerah. Banyak yang berspekulasi jika langkah tersebut dilakukan agar Kaesang Pangarep dapat melaju di Pilkada 2024.

Di tengah peristiwa itu, publik dibuat kesal dengan aksi istri Kaesang yang membuat story di Instagram, dan memperlihatkan dirinya dan Kaesang sedang menyewa pesawat jet pribadi ke AS. Mereka juga terlihat sempat menikmati roti seharga Rp. 400 ribu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini