Sukses

Musisi Bossa Nova Sergio Mendes Meninggal Dunia Setelah Sakit Akibat COVID-19 Jangka Panjang

Sergio Mendes yang telah merilis puluhan album bossa nova, meninggal dunia pada usia 83 tahun setelah berbulan-bulan melawan penyakit komplikasi akibat COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Musisi asal Brasil yang dikenal sukses membawa genre musik bossa nova ke seluruh dunia, Sergio Mendes, dikabarkan meninggal dunia di Los Angeles, Amerika Serikat pada Kamis (5/9/2024) waktu setempat. Kabar ini disampaikan sejumlah media asing pada Jumat (6/9/2024).

Diketahui, Sergio Mendes yang telah merilis puluhan album bossa nova dipadu dengan funk, meninggal dunia pada usia 83 tahun setelah berbulan-bulan melawan penyakit komplikasi akibat terserang COVID-19 jangka panjang.

Sergio Mendes meninggalkan istri dan anak-anaknya. Dalam pernyataan yang disampaikan keluarga, disampaikan bahwa Sergio Mendes ditemani keluarga dan sahabat terbaiknya sebelum sang musisi bossa nova menutup mata untuk selamanya.

"Istri dan partner musiknya selama 54 tahun terakhir, Gracinha Leporace Mendes, berada di sisinya. Begitu juga anak-anaknya yang terkasih," begitu pernyataan yang disampaikan keluarga Sergio Mendes, melansir The Guardian, kami kutip Minggu (8/9/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan Sebelum Meninggal Dunia

Selain menyampaikan kabar duka, pihak keluarga juga mengungkapkan momen-momen terakhir Sergio Mendes di kancah musik dunia. Konser yang digelar di sejumlah negara di Eropa itu rupanya sangat laris.

"Mendes tampil terakhir kalinya pada November 2023 hingga tiketnya terjual habis dan disambut dengan sangat antusias di Paris, London, dan Barcelona," begitu disampaikan keluarga.

 

3 dari 4 halaman

Keluarga Ungkap Penyakit Sebelum Meninggal

Setelahnya, barulah pihak keluarga menyampaikan seputar penyakit apa yang diderita Sergio Mendes jelang ia mengembuskan napas untuk terakhir kalinya.

"Selama beberapa bulan terakhir ini, kesehatannya bermasalah akibat efek jangka panjang COVID," sambung pihak keluarga mengungkapkan.

 

4 dari 4 halaman

Sekilas tentang Sergio Mendes

Selama berkarier, Sergio Mendes mendunia bersama bandnya, Brasil '66 dan telah merilis lagu-lagu bergenre bossa nova yang dicampur dengan irama funk. Sergio Mendes menikah dengan penyanyi Gracinha Leporace.

Selain itu, Sergio Mendes juga dikenal berprestasi. Ia sempat masuk nominasi peraih Piala Oscar kategori Best Original Song pada tahun 2012 berkat lagu "Real in Rio" untuk film animasi Rio.

Sergio Mendes yang juga dikenal sering bekerja sama dengan banyak musisi terkenal era 2000-an termasuk Black Eyed Peas, pernah menyabet piala Grammy Awards 1993 kategori Best World Music Album berkat album Brasileiro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini