Sukses

James Earl Jones Meninggal Dunia, Dubber Darth Vader di Star Wars dan Mufasa Lion King Berpulang dalam Usia 93

Kabar meninggalnya James Earl Jones pengisi suara Darth Vader di Star Wars telah dikonfirmasi oleh perwakilan kerabat mendiang.

Liputan6.com, Jakarta Aktor James Earl Jones yang dikenal sempat berperan mengisi suara alias dubber Darth Vader di film-film Star Wars, meninggal usia dalam usia 93 tahun. James Earl Jones berpulang di rumahnya, Dutchess County, New York, AS, pada Senin (9/9/2024) waktu setempat.

Melansir Deadline, kabar meninggalnya James Earl Jones telah dikonfirmasi oleh perwakilan kerabat mendiang dari pihak Independent Artist Group. Selain itu, pihak Universitas Michigan yang merupakan almamater James Earl Jones membuat penghormatan.

Mengutip akun X (Twitter) milik University of Michigan, pihak universitas membuat sebuah video berisi foto-foto lawas aktor yang juga menyuarakan Mufasa di film animasi The Lion King sembari menyampaikan duka. "Ikon Michigan. Rest in peace, James Earl Jones," tulis mereka.

Selain itu, sejumlah insan olahraga seperti Michigan Football dan MLB juga ikut memberikan penghormatan. Begitu juga insan-insan film mulai dari The NAACP, SAG-AFTRA, hingga para aktor ternama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktor dan Sineas Ikut Berduka

Menelusuri media sosial, sejumlah nama aktor yang mengungkapkan rasa duka mulai dari Mark Hamill pemeran Luke Skywalker di Star Wars, Barry Jenkins, Ava DuVernay, Colman Domingo, Octavia Spencer, Jeffrey Wright, Kerry Washington, hingga LeVar Burton.

Bahkan CEO Disney Bob Iger turut berduka cita, bersama presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy, dan pendiri Lucasfilm George Lucas.

3 dari 4 halaman

Ungkapan Duka Para Artis dan Sineas

"#RIP dad 💔," tulis Mark Hamill di X, mengacu pada peran Darth Vader dalam film Star Wars yang merupakan ayah Luke Skywalker.

"James Earl Jones. A master. RIP," tulis Jeffrey Wright di X.

"Terima kasih atas segalanya, James. James adalah aktor yang luar biasa, suaranya sangat unik baik dalam seni maupun jiwanya," begitu disampaikan pihak LucasFilm melalui akun Instagram Star Wars.

4 dari 4 halaman

Kiprah James Earl Jones

Selain Star Wars dan The Lion King, James Earl Jones sebelumnya juga dikenal pernah tampil dalam film klasik lawas karya Stanley Kubrick, Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb (1964). 

Ia diketahui sudah tampil di 200 karya baik itu layar lebar maupun layar kaca selama 60 tahun kariernya termasuk pada era 1960-an. 

Peran Jones sebagai Darth Vader selain trilogi klasiknya, juga tampil di Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith (2005), Rogue One: A Star Wars Story (2016), Star Wars: Episode IX – The Rise of Skywalker (2019), hingga serial Obi-Wan Kenobi dan Star Wars: Rebels.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.