Sukses

6 Pengakuan NewJeans dalam Live Nekat yang Bikin Geger, Tuding Eksekutif ADOR Cuma Berkoar soal Melindungi Mereka

NewJeans melakukan siaran langsung tanpa sepengetahuan agensi.

Liputan6.com, Jakarta NewJeans baru saja mengambil langkah penuh nyali—bahkan bisa dibilang nekat. Grup yang memopulerkan lagu “Ditto” ini membuat siaran langsung di YouTube pada Rabu (11/9/2024), berisi pernyataan yang menentang agensinya, ADOR, dan bahkan perusahaan induknya, HYBE.

Salah satu hal yang bikin para penggemar geger, Danielle dkk mengaku mereka mengambil langkah ini tanpa sepengetahuan ADOR.

“Kami mempersiapkan siaran langsung ini karena kami berlima memiliki sesuatu yang sangat ingin kami sampaikan. Apa yang kami katakan hari ini, ditujukan kepada HYBE,” kata Hyein, seperti dilansir dari Soompi.

Tayangan live ini dilangsungkan sekitar dua minggu setelah ADOR melengserkan posisi Min Hee Jin sebagai CEO—setelah wanita ini berserteru dengan HYBE. Berbeda dengan keputusan perusahaan, NewJeans justru ingin Min Hee Jin kembali menempati posisi sebelumnya.  

Apa saja yang disampaikan NewJeans dalam tayangan siaran langsung ini? Berikut enam poin di antaranya:

 

1. Sudah Sampaikan Pernyataan pada Agensi

NewJeans mengaku sebenarnya sudah mengungkap opini mereka secara langsung kepada perusahaan, tapi hasilnya tak seperti yang diharapkan.

“Setelah mengadakan pertemuan dengan manajemen perusahaan dan menyampaikan pendapat kami, tampaknya apa yang kami inginkan tidak tersampaikan atau dikomunikasikan dengan baik, bila melihat hal-hal yang terjadi setelah pertemuan tersebut,” tutur Hyein.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Peran Penting Min Hee Jin

Danielle menjelaskan posisi Min Hee Jin sangat penting bagi grup.

“CEO Min Hee Jin bukan hanya orang yang memproduksi musik kami, tetapi seseorang yang membuat NewJeans seperti sekarang. Dia mendiskusikan detail sekecil apa pun dengan kami, dan menjelaskannya dengan cara yang dapat kami pahami dengan jelas,” kata Danielle.

Ia meneruskan, “NewJeans memiliki warna dan nada khas, yang diciptakan bersama CEO Min Hee Jin. Ia bagian integral dengan identitas NewJeans, dan kami semua merasa bahwa ia adalah sosok tak terganti.”

3 dari 6 halaman

3. Pesimistis soal Perombakan dalam ADOR

Para member NewJeans juga menyoroti perubahan cara kerja ADOR. Saat menjadi CEO, Min Hee Jin membawahi masalah produksi konten sekaligus manajemen. Setelah ia lengser, hal ini bakal dirombak.

"Cara kerja kami berbeda dari label lain... Sekarang, Min Hee Jin tidak memiliki kekuatan untuk mengonfirmasi atau menyetujui segalanya, jadi bagaimana kami bisa terus bekerja seperti sebelumnya?" kata Minji.

Hanni menambahkan, "Cara ADOR beroperasi sebelumnya yakni manajemen bisnis dan produksi kreatif yang tidak dipisah, merupakan hal yang berhasil dterapkan dan menciptakan harmoni satu sama lain. Begitulah cara kerjanya, dan itu berjalan dengan sangat baik."

4 dari 6 halaman

4. Pengalaman Buruk Hanni

Hanni sempat mengalami pengalaman buruk, yang membuat penggemar menduga grup ini dikucilkan di HYBE. Ia menjelaskan kejadian ini terjadi saat ia sendirian di gedung HYBE. “Sejumlah member dari satu grup lain berpapasan denganku, bersama manajernya. Jadi kami saling bertegur sapa,” kata Hanni.

Namun sikap manajer grup ini setelah mereka kembali berpapasan, bikin sang pelantun “How Sweet” kehabisan kata-kata.

“Sang manajer berkata kepada (para member grup tersebut) di depanku, ‘Acuhkan dia.’ Padahal aku bisa melihat dan mendengar semuanya. Kalau dipikir-pikir saat ini, aku masih enggak mengerti kenapa aku harus mengalami hal seperti ini,” tuturnya.

5 dari 6 halaman

5. Eksekutif ADOR Disebut Cuma Bisa Berkoar

Ketika Hanni mengadukan kejadian yang menimpanya, pihak CEO lepas tangan karena menyebut tak ada bukti atas kejadian ini. Tak pelak, NewJeans merasakan besarnya perbedaan dengan era Min Hee Jin.

"CEO Min Hee Jin sangat berjuang membela kami. Di luar, para eksekutif baru berkata akan menolong kami, tapi mereka cuma membuat alasan dan bilang ini adalah sebuah insiden yang tak bisa mereka atasi,” kata dia.

6 dari 6 halaman

6. Ultimatum HYBE, Minta Min Hee Jin Balik Jadi CEO ADOR

Para member NewJeans bahkan memberi pesan tegas kepada Bang Si Hyuk, bos HYBE, untuk mengembalikan posisi CEO dan cara kerja ADOR.

"Jika Anda menerima pesan kami dengan baik, saya berharap Bang dan HYBE membuat keputusan bijak untuk mengembalikan (ADOR) seperti semula pada tanggal 25 September," kata Minji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini