Sukses

Teten Masduki Nilai ATVI-IMDE Berpotensi Menjadi Inkubator untuk Inovasi dalam Media Digital

Pada hari pertama orientasi, Totok Amin Soefijanto selaku Direktur ATVI-IMDE menjelaskan bahwa acara orientasi ini mengusung tema Gapura Emtekana.

Liputan6.com, Jakarta Orientasi hari kedua untuk mahasiswa baru ATVI-IMDE tahun 2024-2025 sukses digelar di Studio 5 Indosiar, Kompleks Emtek City Jakarta.

Acara ini dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki, Ketua Tim Kerja Kelembagaan dan Kemitraan dari LL dikti wilayah 3 Jakarta, Mulhad. Hadir pula Direktur ATVI-IMDE, Totok Amin Soefijanto, Ketua 1 Yayasan Indosiar, Suryani Zaini, Wakil Presiden SDM Emtek, Pieter Andrian, Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Darojatun, dan seluruh Jajaran rektorat ATVI-IMDE, sekaligus para orang tua.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada ATVI-IMDE yang telah menyelenggarakan kuliah perdana ini. Saya berharap 25 tahun bergeraknya ATVI yang sekarang bertransformasi menjadi IMDE bisa menghadirkan talenta-talenta industri media dan bidang usaha yang mumpuni dalam dunia media di masa depan," kata Menteri Teten Masduki.

Teten Masduki menjelaskan, tahun lalu kontribusi UMKM terhadap PDP mencapai 61,97 persen, UMKM juga menyerap 97 persen, lapangan pekerjaan dari total pekerja di Indonesia.

Perlu dicatat, UMKM tak hanya terdiri usaha tradisional tetapi juga pelaku inovasi yang mendorong perkembangan teknologi dan bisnis kreatif. Termasuk, para alumni ATVI yang berjuang dalam industri media.

Industri penyiaran, yang merupakan salah satu bagian dari ekonomi kreatif, memberikan kontribusi sekitar 7,8 persen terhadap PDB Indonesia pada 2021.

"ATVI sebagai ekosistem Emtek dapat mengambil fungsi inkubasi menjadi penyempitan dalam menyediakan para SDM kita, menyediakan entrepreneur dengan kuliah dan civitas. Kita harus pilih telur yang baik, kita erami, dan kita besarkan," tutur Teten Masduki.

Ia meneruskan, "Kita tentu berharap ATVI bisa menjadi pusat inovasi bagi para UMKM kreatif dan individu kreatif untuk menyediakan pelatihan, bimbingan, akses pada teknologi, mengembangkan ide baru dalam pemasaran, dan produksi digital. Di ATVI, kami melihat potensi besar menjadi inkubator untuk inovasi di bidang media digital membantu para UMKM memanfaatkan teknologi dan tren terbaru untuk produk baru."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Baru

Sementara itu, pada hari pertama Totok Amin Soefijanto selaku Direktur ATVI-IMDE, menjelaskan bahwa acara orientasi ini mengusung tema Gapura Emtekana. Artinya ucapan selamat datang memasuki gerbang Emtek education. Harapannya, seluruh keluarga Emtek dapat menerima mahasiswa baru dengan tangan terbuka.

Totok menambahkan, tahun ini ATVI-IMDE mencapai rekor baru menerima 88 mahasiswa reguler 25 mahasiswa beasiswa Emtek. ATVI-IMDE juga membuka kelas karyawan karena menyadari bahwa sejumlah karyawan belum mendapat level S1. Maka dari itu ATVI-IMDE memberikan kesempatan itu untuk mereka dapat menimbah ilmu dan meningkatkan kompetensi.

"Banyak sekali peluang anak muda dalam memicu industri kreatif kita. Kita akan menerapkan apa yang disebut creative and productive pedagogy dalam pendidikan di ATVI-IMDE. Yang mana ukurannya bukan lagi membuat skripsi tapi menghasilkan produk, menciptakan suasana kampus yang mendorong mahasiswanya tidak hanya bagus nilainya tapi bagus karyanya," ujar Totok saat memberikan sambutan pembukaan orientasi.

3 dari 4 halaman

Tumbuh Menjadi Pemimpin

Adapun sambutan yang diberikan Ketua 1 Yayasan Indosiar, Suryani Zaini yakni yayasan menghendaki anak-anak ini dirangkul dengan tangan terbuka. Sehingga, pada saatnya nanti, setiap mahasiswa mempunyai kisah pengembangan mereka dari hari ini sampai waktu kelulusan.

"Kami berbahagia dapat menjadi bagian yang akan melihat setiap perubahan besar dalam hidup kalian untuk mengubah dan tumbuh menjadi pemimpin di tengah lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa. Di ATVI-IMDE, di tangan-tangan kalianlah generasi muda yang begitu kami harapkan dalam memperkokoh dan membentuk masa depan kreatif Indonesia ke depannya," Suryani Zaini menjelaskan.

4 dari 4 halaman

Tak Cukup Hanya Berdoa

Wakil Presiden SDM Emtek, Pieter Andrian, menjelaskan seputar ekosistem bisnis Emtek Group dan memberikan motivasi mengenai Human Endowment kepada mahasiswa baru dan orang tua. "Push, Pray until something happen," itulah motivasi yang ia sampaikan kepada mahasiswa baru yang berarti tidak cukup bagi kita hanya berdoa, tapi perlu adanya tindakan atau usaha dalam meraih impian.

Dalam orientasi ini, diisi penyematan jas almamater yang diwakili beberapa mahasiswa sebagai simbol penerimaan mahasiswa baru ATVI-IMDE 2024-2025, pemutaran kompilasi tugas program kerja nyata oleh mahasiswa sebelumnya, sampai dengan perkenalan civitas akademik IMDE.

Setelah acara pembukaan selesai, mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan aktivitas kelompok yang menuntut kreativitas dalam membuat performance dari masing-masing prodi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini