Sukses

Profil Ali Mahfudh Alias Mamas Plogger Musisi Asal Boyolali, Kini Jadi Bagian Wahana Musik Indonesia

Ali Mahfudh musisi asal Boyolali yang mulai dikenal lewat lagu “Lagu Ngaco” dan “Ngeliyo.” Di YouTube dan Instagram, ia punya nama beken Mamas Plogger.

Liputan6.com, Jakarta Tunas-tunas baru di industri musik Indonesia terus bermunculan. Salah satunya, Ali Mahfudh, musisi asal Boyolali, Jawa Tengah, yang mulai dikenal lewat sejumlah single seperti “Lagu Ngaco” dan “Ngeliyo.”

Di YouTube dan Instagram, ia dikenal dengan nama Mamas Plogger. Perjalanan karier Ali Mahfudh sebagai penulis lagu terbilang panjang. Mulanya, ia adalah pencinta musik yang mendengar dan mencermati beragam lagu.

Dari sekadar pendengar, Ali Mahfudh mulai belajar mengkover lagu-lagu populer. Kegiatan mengkover lagu membuat musisi kelahiran Boyolali, 27 Februari 1998, ini terdorong untuk melahirkan karya sendiri.

“Awal 2023, saya memutuskan serius belajar menulis lirik. Tema yang dipilih tidak jauh dari kehidupan pribadi seperti kisah patah hati. Saya pernah mengalaminya,” kata Ali Mahfudh yang kini gabung dengan Wahana Musik Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggali Pengalaman Emosional

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Jumat (13/9/2024), Ali Mahfudh mengaku, sejumlah lagu tercipta setelah menggali beragam pengalaman emosional.

“Dengan menggali pengalaman emosional, saya menulis lagu yang menyentuh hati lalu beresonansi dengan pendengar yang pernah merasakan pahitnya cinta,” ia membeberkan.

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan 2 Lembaga

Setelahnya, Ali Mahfudh bergabung dengan PT Mahar Pustaka Nusantara, penerbit musik yang menaungi banyak musisi Tanah Air. Ia juga jadi bagian dari Wahana Musik Indonesia, organisasi pengelola hak-hak pencipta lagu dan musisi di Indonesia.

“Melalui kolaborasi dengan dua lembaga ini, saya mendapat dukungan penuh untuk berkarya dan mengembangkan potensi diri. Perjalanan ini sungguh tidak terduga,” Ali Mahfudh menyambung.

 

4 dari 4 halaman

Temukan Passion Baru

Lewat nama Mamas Plogger, ia dikenal sebagai kreator konten spesialis vlog wisata yang penuh cerita seru. Akhir 2022, Ali Mahfudh menemukan kecintaan baru pada dunia musik yang membawanya keluar dari zona nyaman sebagai vlogger. 

“Awalnya hanya ingin berbagi keindahan alam lewat vlog, kini saya menemukan passion baru yakni menulis lagu. Musik membantu saya mengekspresikan apa yang ada di hati. Membuat saya merasa lebih dekat dengan pendengar,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.