Sukses

Oki Setiana Dewi Kuliah di Al-Azhar Mesir, Doa 16 Tahun Lalu yang Akhirnya Terkabul

Keinginan Oki Setiana Dewi menuntut ilmu di Al Azhar berawal dari keterlibatannya bermain film

Liputan6.com, Jakarta Oki Setiana Dewi memutuskan hijrah ke Mesir, dan melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar. Rupanya, berkuliah di Universitas Al-Azhar Mesir sudah menjadi impian kakak Ria Ricis itu sejak 16 tahun lalu.

Oki Setiana Dewi mengatakan, keinginannya menuntut ilmu di Al-Azhar berawal dari keterlibatannya bermain di film "Ketika Cinta Bertasbih". Kala itu, Oki yang berperan sebagai Althafunisa diceritakan sebagai mahasiswi di sana.

"Saya main film tersebut empat tahun lamanya, karena setelah film ada sinetronnya. Jadi bagaimana karakter itu merasuk kepada diri saya," kenang Oki Setiana Dewi di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2024).

"Ketika pertama saya memerankan karakter menjadi pelajar Al-Azhar dan kuliah di Mesir 16 tahun yang lalu saya pernah berkata sama Allah 'Ya Allah saya pengen sekolah di tempat ini suatu hari nanti'. Gas lah 16 tahun kemudian bisa sekolah di sini," Oki Setiana Dewi menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mewujudkan Impian

Oki mengatakan, tak mudah mewujudkan keinginan kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir, mengingat usianya yang tidak lagi muda. Ia mengaku harus melalui proses sekolah khusus untuk menjalani setiap tahapannya.

"Saya harus masuk ma'had. Saya harus masuk sekolah khusus dulu untuk yang usianya 30 tahun ke atas untuk mempelajari berbagai macam pendidikan agama Islam, harus lulus dulu bahasa dengan level bahasa, ujian berlapis-lapis," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Persiapan 3 Tahun

Oki melanjutkan butuh persiapan 3 tahun untuk dapat merealisasikan keinginan menjadi mahasiswi Al-Azhar Mesir. Apalagi ia juga harus mempersiapkan finansial, untuk biaya hidup selama menetap di sana.

"Jadi bukan tiba-tiba lulus, tapi butuh waktu yang cukup lama. Persiapan ilmu, persiapan bahasa, persiapan finansial, persiapan mental, untuk akhirnya bisa ke sana," jelas Oki.

4 dari 4 halaman

Safari Dakwah

Selain kuliah, Oki mengaku tetap menjalani aktivitas safari dakwah. Bahkan sudah ada beberapa undangan di berbagai negara, Oki untuk hadiri.

"Saat ini sudah ada beberapa undangan temen-temen di Turki, Dubai, Jordan, dan yang lainnya. Jadi ya safari dakwah tetap dijalankan cuman beda tempat aja," ucap Oki Setiana Dewi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini