Sukses

Fiersa Besari Jarang Ditanya soal Lagu Baru dan Tak Diundang ke Konser Besar, Jadi Penguat Alasan untuk Rehat dari Panggung Musik

Ada pengalaman yang membuat Fiersa Besari lebih mantap mengorbankan panggung musik ketimbang kegiatan traveling agar bisa punya lebih banyak waktu bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Fiersa Besari baru saja memutuskan untuk rehat dari panggung musik dan menyatakan mulai vakum tampil live sejak awal tahun 2025 mendatang. Kabar ini diumumkan sang musisi indie melalui sebuah video di kanal YouTube Fiersa Besari.

Dalam video berjudul "Berhenti Dulu. Terima Kasih Semuanya" itu, Fiersa Besari membeberkan beberapa alasan yang membuatnya yakin untuk tak lagi muncul di atas panggung. Beberapa di antaranya terkait keluarga serta rasa lelah yang makin menumpuk.

Menariknya, ada beberapa pengalaman yang membuat Fiersa Besari lebih mantap mengorbankan panggung musik ketimbang kegiatan traveling demi bisa lebih lama bersama keluarga. Rupanya, Fiersa Besari belakangan ini sudah merasa seolah tak dipandang lagi di dunia musik.

"Tadinya pilihannya apakah mau mengorbankan traveling... Atau kegiatan panggung. Saya lama berpikir, akhirnya saya memutuskan untuk, kayaknya saya lebih baik di bidang kegiatan alam saja," ucap Fiersa Besari mengawali, seperti ia sampaikan dalam video tersebut, dikutip Senin (16/9/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Citranya Lebih Melekat sebagai Pegiat Alam

Barulah setelah itu Fiersa Besari mengungkapkan bahwa belakangan ini tak pernah ada lagi orang-orang yang bertanya kepada dirinya soal lagu baru serta kegiatan manggung. Namun, mereka lebih tertarik untuk bertanya soal traveling kepada Fiersa Besari.

"Kenapa? Karena semakin lama, semakin saya bertemu orang-orang, mereka sudah jarang bertanya, 'Bikin lagu apa yang baru?' Atau suka lagu saya yang mana, atau, 'Kapan manggung lagi?' Tapi rata-rata, biasanya mereka bertanya, 'Habis dari gunung mana, bang?' Atau, 'Mau ke gunung mana, bang sekarang?'" ungkap Fiersa Besari.

Gara-gara hal itulah, Fiersa Besari merasa bahwa dirinya kini memiliki citra yang lebih melekat sebagai pegiat alam ketimbang seorang musisi. Hal itu tak menjadi masalah baginya.

"Jadi kayak, image saya sebagai pegiat alam itu sudah lebih melekat dibandingkan seorang musisi. Tapi saya enggak masalah, ya. Saya mensyukuri semuanya, karena itu kan bidang yang saya geluti," ucapnya.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Bertahan karena Mendiang Ibunda Namun Akhirnya Mantap Berhenti

Diakui Fiersa bahwa pada Maret lalu, dirinya sempat berniat mengakhiri kegiatan panggung. Namun lantaran mendiang ibunda selalu membanggakan anaknya sebagai musisi hingga akhir hayat beliau, Fiersa pun melanjutkan manggung. Hingga akhirnya, satu kalimat dari seorang sahabat membuatnya makin yakin untuk rehat.

"Nah, penguat alasannya adalah ketika waktu itu saya melihat ada event festival besar sudah tidak mengundang saya. Kebetulan salah seorang yang membuat festival tersebut adalah sahabat baik saya. Dan saya tidak marah ketika beliau tak mengundang," ucap Fiersa.

"Tapi ketika saya tanya, 'Sudah tidak ada urgensinya untuk mengundang Fiersa Besari.' Dari situ saya berpikir, 'Untuk apalagi orang mengundang Fiersa Besari?' Sementara saya Alhamdulillah sudah termasuk banyak manggung, sudah ke berbagai tempat, tapi di sisi lain, orang kan jadi enggak ada lagi rasa kangen untuk mengundang saya," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Menghindari Rasa Jenuh

Lebih lanjut, Fiersa Besari membeberkan bahwa dirinya juga menghindari rasa jenuh alias bosan yang bisa saja melanda para penggemarnya juga. Fiersa juga menegaskan bahwa pengumuman ini bukanlah sebuah gimmick.

"Saya pikir-pikir, iya juga kalau dilanjutkan terus seperti seperti ini, resikonya adalah orang-orang akan terus jenuh dan tidak ada lagi yang mengundang saya atau saya yang jenuh... Dan saya yakin itu bukan pertanda baik," ungkap Fiersa Besari.

"Nah terciptalah video ini, video di mana saya mengatakan kepada kalian semua. Saya memutuskan untuk rehat, atau berhenti dulu manggung, per 1 Januari 2025. Apakah ini gimmick? bukan!" tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.