Sukses

Squid Game Dituduh Sutradara India Menjiplak Film Bollywood Hasil Karyanya

Pihak Netflix yang menayangkan Squid Game membantah keras tudingan ini.

Liputan6.com, Jakarta Jelang penayangan musim kedua Squid Game, muncul satu tudingan tak sedap yang dilayangkan untuk drakor ini. Dilansir dari Korea JoongAng Daily pada Selasa (17/9/2924), Bloomberg mewartakan seorang sineas India bernama Soham Shah mengajukan gugatan melawan Netflix di Pengadilan Tinggi New York,  Amerika Serikat. 

Ia menuduh Squid Game adalah hasil jiplakan dari filmnya, Luck , yang tayang tahun 2009. 

Soham Shah menyebut Squid Game adalah "hasil jiplakan nyata" dari film yang dibintangi oleh Imran Khan, Shruti Haasan dan Sanjay Dutt tersebut. Luck berkisah tentang sekelompok orang yang terlilit utang, yang mengambil bagian dalam sejumlah permainan untuk memenangkan hadiah uang dalam jumlah besar, dan menghadapi kematian bila mereka kalah. 

Sementara itu, seperti Squid Game juga berkisah tentang orang-orang yang mengalami kesulitan finansial dan memiliki beban utang besar, dan mengikuti kompetisi berbasis permainan anak-anak Korea, untuk memenangkan hadiah uang fenomenal. Bila kalah, nyawa mereka melayang. 

"Plot utama, karakter, tema, mood, setting, dan perjalanan kejadian dalam Squid Game sangat mirip dengan Luck, hingga mustashil membuat kemiripan ini sebagai kebetulan," tuturnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibantah Keras Netflix

Sementara itu pihak Netflix membantah keras tudingan ini. 

'Tudingan ini tak berdasar. Squid Game diciptakan dan ditulis oleh Hwang Dong Hyuk, dan kami akan mempertahankan hal ini sekuat mungkin," kata pihak Netflix, diwartakan Indian Express.

3 dari 4 halaman

Siap Tayang Akhir Desember

Squid Game Season 2 sendiri siap tayang di Netflix pada 26 Desember 2024 mendatang. Saat merilis pengumuman soal tanggal penayangan ini pada awal Agustus lalu, sutradara sekaligus prodeuser eksekutif drakor ini, Hwang Dong Hyuk, mengungkap satu kabar lain.

"Saya begitu bersemangat menulis surat ini untuk mengumumkan tanggal penayangan season 2 dan menyampaikan bahwa ada season 3, yaitu season terakhir,” kata Jwang Dong Hyuk dalam pernyataan tertulisnya.

Musim ketiga Squid Game akan tayang tahun depan, tapi belum diumumkan tanggal penayangan pastinya.

4 dari 4 halaman

Kembalinya Lee Jung Jae

Lee Jung Jae kembali ke musim kedua sebagai Seong Gi Hun, pemenang permainan tiga tahun lalu, dengan nomor punggung 456.

Berbekal uang hadiah, Gi Hun bertekad menemukan orang-orang di balik gim dan mengakhiri permainan sadis ini. Pencarian dimulai dari tempat yang paling kentara. Target awal Gi Hun, adalah pria dengan jas yang sedang bermain ddakji di kereta bawah tanah (Gong Yoo).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.