Sukses

Masto Sidharta Gandeng Musisi Bali Riwin, Garap Lagu Berjudul Hari Ini dengan Lirik yang Mendalam

Awal mula pertemuan Masto Sidharta dengan Riwin hingga tercetusnya sebuah lagu berjudul Hari Ini, berawal dari kunjungan sang musisi Bali ke kediaman adik Bimbim Slank di kawasan Potlot, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Adik Bimbim Slank, Dianto Yusuf Sidharta alias Masto Sidharta yang akrab disapa Masto, telah lama berkiprah di dunia musik. Meskipun tak mendapat sorotan sebesar kakaknya di mata publik, Masto masih tetap konsisten untuk berkarya.

Sempat tergabung dalam sejumlah band mulai dari Lovina, Kidnap Katrina, hingga PopOut, Masto Sidharta kini mencoba menjadi penyanyi solo alias seorang solois. Terbaru, Masto meluncurkan sebuah lagu berjudul "Hari Ini" bersama musisi asal Bali, Riwin.

Sosok Riwin pun bukan musisi kemarin sore di industri musik Tanah Air. Pemilik nama lengkap I Gusti Ngurah Ketut Riwiyana ini telah eksis di dunia musik sejak 1976 sebagai personel grup Pahama. Pria 67 tahun yang piawai bermain gitar ini juga dikenal sebagai personel band Tropical Transit.

Awal mula pertemuan Masto dengan Riwin hingga tercetusnya sebuah lagu, berawal dari kunjungan Riwin ke kediaman Masto di kawasan Potlot, Jakarta Selatan. Dari perbincangan tentang spiritual, keduanya lalu terpikir untuk membuat lagu.

"Awalnya ngobrolin spiritual malah, sampai yang tak kasat mata... Jadi waktu itu kenalannya sempat ada yang mengajak dia ke Potlot malam-malam saat dia ada perform di Jakarta," ujar Masto saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di Gedung KLY, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langsung Kirim Lagu

Mulanya, Riwin memamerkan karya-karyanya kepada Masto. Mengetahui bahwa Riwin sudah 10 tahun tak menelurkan album, Masto pun tertarik untuk dibuatkan lagu. Mengejutkannya, Riwin langsung mengirimkan aransemen lagu keesokan harinya.

"Dia tiba-tiba share lagu yang baru diproduksi, belum dirilis. Dia udah pernah rilis album 10 tahun lagi. Dia mau aktif lagi, mau rilis dan sudah dibuat satu-satu, dia share. Wah keren juga, masuk nih style-nya sama gue," terang Masto.

"Terus gua bilang, 'Mau dong bikinin musik. Nanti gua coba bikin lirik sambil nyanyiin. Sehari kemudian langsung kirim. Kayaknya dia sudah ada stock, nih. Dikasih judul pula, judulnya 'Hari Ini'. Jadi harus dipikirkan tentang hari ini," sambung Masto.

 

 

3 dari 4 halaman

Judul Sederhana Namun Lirik Mendalam

Lantaran mendapatkan sebuah lagu dari musisi yang pernah terlibat perbincangan spiritual dengannya, Masto pun langsung membuat lirik dengan makna yang mendalam meskipun judulnya terbilang sederhana.

"Dia yang ngasih judul. Jadi dengan judul Hari Ini, gua disuruh mengembangkan jadi lirik. Sebenarnya kan simpel itu tentang hari ini. Tapi gue mikirnya malah mendalam," ucap Masto.

4 dari 4 halaman

Tentang Single Hari Ini dan Riwin

Single "Hari Ini" menggambarkan pesan tentang pentingnya menjalani hari ini dengan penuh semangat dan syukur. Liriknya mengajak para pendengar untuk menghargai setiap momen dan berusaha menciptakan keberkahan dalam hidup mereka.

Sementara itu, Riwin berfokus pada musik setelah tak lagi bersama Pahama. Kala itu, ia bermain gitar dengan berbagai gaya, termasuk Jazz dan Bluegrass, di Kayu Api, salah satu tempat musik live pertamadi Bali.

Pada 5 Agustus 1990, Riwin membentuk Tropical Transit, yang dinamai sesuai dengan lingkungan tropis dan penonton yang beragam. Dengan band ini, Riwin telah tampil di berbagai tempat di Bali dan terus menciptakan musik baru di studio rumahnya.

Selain sebagai musisi, Riwin juga seorang penyembuh spiritual dan menjadi "Pemangku" untuk upacara penyiraman air suci "Tirta" dalam "Kidung Wirama Totaka".

Ia adalah sosok yang mempesona baik dalam perannya sebagai pemimpin band maupun sebagai penyembuh spiritual, yang memberikan dukungan dan inspirasi kepada anggota band maupun para penggemarnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini