Sukses

6 Momen Tak Terlupa dari Konser Kahitna 2 Tahun Menuju 40, Kekonyolan Sinyorita Esperanza hingga Kejutan Emil Dardak

Selama sekitar tiga jam, Kahitna menampilkan deretan hits apik mereka selama 38 tahun berkarier di dunia musik Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Konser Kahitna bertajuk “2 Tahun Menuju 40” sukses digelar pada Selasa (17/9/2024) kemarin malam di Plenary Hall JCC, Jakarta. Konser dibuka sekitar pukul 20:00 WIB malam, dengan lautan Soulmate—sebutan bagi penggemar Kahitna—yang kompak berbaju putih-putih sesuai dengan dresscode.

Selama sekitar tiga jam, Hedi Yunus dan kawan-kawan menampilkan deretan hits apik mereka selama 38 tahun berkarier di dunia musik Tanah Air. Pertunjukan yang dipromotori oleh Enjoy Live Experience ini dimulai dengan medley lagu “Bagaimana” dan “Semoga Nantinya.”

Suasana makin syahdu dan sendu dengan “Merenda Kasih” dan “Aku, Dirimu, Dirinya”, tapi kembali hidup dengan “Tentang Diriku” yang dibawakan dengan rancak.

Deretan hits mereka juga ikut muncul seperti “Katakan Saja,” “Cinta Sendiri,” “Cinta Sudah Lewat,” “Cerita Cinta,” dan tentu saja yang paling ditunggu-tunggu penonton: “Cantik.”

Mereka juga membawakan sejumlah lagu milik musisi luar negeri seperti “After The Love Has Gone” dari Earth, Wind & Fire dan lagu Brasil “Magalenha” dari Sergio Mendes. Menariknya lagi, Kahitna juga berbagi panggung dengan sejumlah musisi lain yang membawakan lagu-lagu mereka.

Seperti apa keseruan dalam konser Kahitna 2 Tahun Menuju 40? Berikut kami rangkum enam di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berbagi Kenangan Masa Lalu

Para member Kahitna terbilang rajin berinteraksi dengan para penonton. Termasuk berbagi kenangan masa lalu dan momen penting dalam perjalanan grup yang berdiri sejak 1986 ini.

Salah satunya soal lagu "Magalenha" yang membawa pengaruh besar, termasuk seruan khas "Hiyeee Hiyee" dalam lagu-lagu Kahitna.  "Lagu ini dibawakan waktu Kahitna ikut kompetisi di Jepang dan menang," kata Yovie Widianto. 

Sepanjang konser, para member Kahitna juga bercanda akrab--termasuk me-roasting Hedi Yunus yang masih betah sendiri di usia 56 tahun. 

 

2. Lagu Baru Kahitna

Kahitna juga memperkenalkan lagu yang temanya belum pernah ditulis Kahitna selama ini, dan untuk pertama kalinya dibawakan ke hadapan publik.

"(Lagu ini) soal bagaimana kita melihat anak-anak yang tumbuh kembang bareng kita, ingin menikah," kata Yovie Widianto.

Lagu yang ia beri tajuk “Bila Tiba Nanti” ini, kata Yovie, pas betul dengan suasana hati seorang ayah yang memberikan nasihat untuk anak-anak mereka yang sudah dewasa dan siap menempuh hidup baru. Tak hanya itu, lagu ini juga memberi petunjuk kepada para pria, soal wanita seperti apa yang semestinya dipilih sebagai pendamping hidup. 

3 dari 4 halaman

3. Berbagi Kenangan tentang Carlos Saba

Suasana sendu begitu terasa saat lagu "Takkan Terganti" hendak dibawakan. “Kau 'Takkan Terganti,’ bagi saya adalah Carlo Saba,” kata Yovie Widianto, sebelum memulai lagunya.

Di pertengahan lagu, Mario Ginanjar bahkan sempat berhenti sejenak, untuk berbicara tentang mendiang Carlo.

“Pada saat Mas Carlo enggak ada, aku merasa banyak yang belum kukatakan. Salah satunya adalah aku sayang Mas Carlo,” tutur Mario sambil menahan air mata.

 

4. Kekonyolan Senyorita Esperanza

Lagu "Sebebas Merpati" sejak dulu dikenal penggemar sebagai lagu romantis, berisi ungkapan puitis seseorang yang baru memasuki tahap lamaran dengan sang kekasih. Bahagia, tapi mesti menjaga tutur sikap, tak bisa sebebas merpati. 

Namun dalam konser malam itu, lagu ini dibawa dengan gaya kocak berkat kehadiran Sinyorita Esperanza. Ada saja tingkahnya begitu naik panggung. "Saya suka Mas Yopie.Yopie Latul," begitu salah satu celetukan Sinyorita, menggoda Yovie.

Di akhir lagu "Sebebas Merpati" ia bahkan bergaya komikal, seakan tengah bingung memilih antara Hedi Yunus dan Mario Ginanjar. Ending-nya tak diduga-duga, dengan lihai ia justru split di atas panggung. 

4 dari 4 halaman

5. Kehadiran Para Bintang Tamu

Para bintang tamu yang ikut manggung juga menghadirkan warna tersendiri dalam konser ini. Masing-masing dari mereka membawakan lagu milik Kahitna, sekaligus lagu milik mereka sendiri.

RAN membawakan "Setahun Kemarin", Maliq & D’Essentials menyanyikan "Permaisuriku", HiVi dengan "Kita Bangun Negeri", dan KIM tampil dengan "Engga Ngerti."

 

6. Kejutan dari Emil Dardak

Saat lagu "Soulmate" dibawakan, mendadak ada satu suara yang asing bagi para Soulmate. Setelah kamera menyorot sosok tersebut, baru terungkap bahwa suara merdu itu adalah milik Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

Sontak saja, kejutan ini langsung menuai sambutan riuh dari para penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.