Sukses

Cucu Gubernur Sampah, Masto Sidharta Adik Bimbim Bawel Tiap Ada Orang Buang Sampah Sembarangan

Tampaknya, darah Soemarno Sosroatmodjo Gubernur DKI Jakarta era 1960-an yang sangat peduli soal sampah, mengalir deras di dalam diri Masto Sidharta, adik Bimbim Slank.

Liputan6.com, Jakarta - Bimbim Slank dan saudara-saudaranya termasuk sang adik, Masto Sidharta, memiliki kakek yang tak lain adalah Soemarno Sosroatmodjo, Gubernur DKI Jakarta pertama pada era 1960-an, yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri ke-15.

Semasa hidup dan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Soemarno Sosroatmodjo memiliki julukan Gubernur Sampah. Bukan celaan, julukan tersebut diberikan lantaran kakek Masto Sidharta memang memiliki perhatian yang sangat besar terhadap isu sampah di ibu kota.

Seiring berjalannya waktu, tampaknya darah Soemarno Sosroatmodjo mengalir deras di dalam diri Masto Sidharta. Pasalnya, musisi yang baru saja merilis lagu "Hari Ini" bersama pemain gitar Riwin, kerap bawel tiap kali melihat orang buang sampah sembarangan di jalan.

"Dulu, kakek kan gubernur utama, disebutnya 'Gubernur Sampah'. Memang bawel banget dia, tapi dianggap kurang sukses karena zaman dahulu mau disosialisasikan, masyarakatnya susah (diatur)," cerita Masto Sidharta saat mengunjungi kantor Liputan6.com di Gedung KLY, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

"Saking susahnya, sampai turun ketemu masyarakat untuk lebih bersih, jangan sampai nyampah. Sampai dijulukinya 'Gubernur Sampah'," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sering Tegur Orang yang Buang Sampah Sembarangan

Masto Sidharta pun menegaskan bahwa DNA kakeknya dalam urusan sampah, sangat kental di dalam dirinya. Ia menceritakan pengalamannya beberapa kali menegur sembari mengingatkan orang yang membuang sampah sembarangan di depan matanya.

"Soal sampah, gua sering di jalan ketemu anak-anak melempar (sembarangan). 'Eh ambil lagi, mendingan buang ke tempat sampah, deh,'" cerita Masto.

"Di jalan juga sering, sih. Habis minum air mineral gelas atau yang botol plastik... 'Ambil, ambil, ambil, buang ke tempat sampah! Gua suka begitu," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Sampaikan Pentingnya Tak Buang Sampah Sembarangan

Dalam hal kebersihan lingkungan, Masto Sidharta juga mengkritik pola pikir beberapa orang masyarakat di Indonesia yang bisa saja membahayakan umat manusia di masa depan.

"Ya menjaga lingkungan sangat penting. Kita mungkin bisa mikir, 'Ah, cuma satu yang gua lempar.' Tapi kalau ada satu juta orang yang mikir gitu kan, jadinya satu juta tumpukan," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Karya Terbaru Masto Sidharta

Terbaru, Masto meluncurkan sebuah lagu berjudul "Hari Ini" bersama musisi asal Bali, Riwin. Awal mula pertemuan Masto dengan Riwin hingga tercetusnya sebuah lagu, berawal dari kunjungan Riwin ke kediaman Masto di kawasan Potlot, Jakarta Selatan hingga keduanya terpikir untuk membuat lagu.

Single "Hari Ini" menggambarkan pesan tentang pentingnya menjalani hari ini dengan penuh semangat dan syukur. Liriknya mengajak para pendengar untuk menghargai setiap momen dan berusaha menciptakan keberkahan dalam hidup mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini