Sukses

Profil LANY, Band Asal Amerika Serikat yang Bakal Konser di Indonesia untuk Kelima Kali pada Oktober 2024

Bagi para calon penggemar baru Lany, berikut profil singkat band asal Los Angeles, Amerika Serikat ini.

Liputan6.com, Jakarta Grup musik indi bergenre pop asal Los Angeles, Amerika Serikat, Lany (biasa ditulis LANY), tak lama lagi akan menyapa penggemar di Indonesia dalam konser yang menjadi bagian tur Asia mereka bertajuk A Beautiful Blur: The World Tour.

Rencananya, konser duet yang terdiri dari Paul Klein dan Jake Goss ini akan digelar di Ancol Beach City International Stadium, Jakarta, Selasa, 9 Oktober 2024. Menariknya, ini menjadi kunjungan kelima Lany ke Indonesia.

Sebelumnya, Lany tampil di We The Fest (2017). Pada 2018, mereka konser di The Pallas, Jakarta, disusul pada 2019. Terakhir, Lany tampil dalam konser di ICE BSD, Tangerang pada 2022.

Meski sudah memiliki banyak penggemar di Indonesia, tak menutup kemungkinan bakal bertambah lagi penggemar baru di Tanah Air yang siap menonton Lany bulan depan. Bagi calon penggemar baru, berikut profil singkat band Lany.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Awal Berdirinya Lany

Berdiri sejak 2014, Lany memiliki tiga personel, yakni Paul Jason Klein (vokal, kibor, gitar), Jake Clifford Goss (drum, sampling pad), dan Les Priest (kibor, gitar).

Mereka bertiga merupakan teman satu kampus yang punya minat serta keahlian mumpuni dalam bermusik. Kala itu, Les Priest dan Jake Clifford Goss memiliki proyek bernama WRLDS.

Setelah bertemu Paul Klein, mereka mengganti nama WRLDS menjadi LANY, berasal dari akronim dua kota besar di Amerika Serikat, yakni Los Angeles dan New York.

 

3 dari 5 halaman

Konsep Musik Lany

Tak butuh waktu lama, yakni sekitar empat hari, LANY merampungkan penggarapan dua lagu yang menjadi debut mereka dalam bermusik, yakni "Hot Lights" dan "Walk Away."

Setelah berkeliling memperkenalkan karya-karya musik mereka yang bergenre atmospheric synths pop era 1980-an dan 1990-an, LANY berkesempatan tur bersama beberapa band seaangkatan.

Setelah aktif, LANY sukses merilis single populernya yang menarik telinga pendengar hingga 14 juta stream, yakni lagu "ILYSB (I Love You So Bad)."

 

4 dari 5 halaman

Produktivitas Lany

Bermodal akun Soundcloud, Lany mendapat kontrak dengan label rekaman di Inggris Raya. Salah satu hal yang menarik minat pihak label adalah keunikan musik mereka yang selalu digarap bertiga.

Sempat menandatangani kontrak dengan Polydor Records, Lany mendapat kesempatan jadi artis pembuka tur sejumlah penyanyi top seperti Ellie Goulding dan Troye Sivan.

Mereka pertama kali menggelar tur pada Mei 2016 yang diberi tema The Make Out Tour. Disusul tur selajutnya pada 2016. Selain di AS, Lany juga menjangkau Eropa.

Pada 2017, Lany merilis album debut, LANY, disusul album kedua, Malibu Nights setahun kemudian, dan Mama's Boy pada 2020. Total mereka kini telah menelurkan lima album.

5 dari 5 halaman

Menjadi Duo hingga Sekarang

Setelah merilis album keempat, gg bb xx pada 2021, Les Priest hengkang dari band pada tahun berikutnya. Keputusannya keluar dari band lantaran ia ingin berfokus pada kegiatan sebagai penulis dan produser.

Alih-alih menggantikan Les Priest, Klein dan Goss memutuskan untuk mengubah konsep Lany jadi duo. Produktivitas mereka tetap terjaga. Tahun lalu, Lany merilis album kelima, A Beautiful Blur. Lany pun tancap gas kembali pada tahun ini untuk menjalani tur dunia, termasuk di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.