Sukses

Anton Pratama: Berkuda Bukan Sekadar Tren, Ini Manfaat Pentingnya

Anton Pratama mengungkap olahraga berkuda masih menjadi pilihan populer di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga berkuda semakin digemari oleh berbagai kalangan, terutama anak muda dari generasi milenial dan Gen Z. Olahraga ini tidak hanya menawarkan tantangan, tetapi juga memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. 

Menurut Anton Pratama, founder Kezillaz, olahraga berkuda masih menjadi pilihan populer di Indonesia.

“Tren berkuda tetap bertahan sejak masa pandemi Covid-19. Saya berharap tren ini terus berjalan karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan,” ujar Anton Pratama dalam keterangan tertulisnya. 

Anton menjelaskan beberapa manfaat fisik yang bisa didapatkan dari olahraga berkuda, di antaranya memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. 

"Berkuda melatih postur tubuh untuk tetap tegak, yang dapat membantu memperbaiki postur sehari-hari. Lalu mengendalikan kuda membutuhkan keseimbangan yang baik, sehingga membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh," ujar Anton.

Selain itu berkuda juga bisa meningkatkan kekuatan otot karena setiap gerakan memerlukan otot yang kuat terutama inti dan kaki.

"Juga bisa memperkuat jantung. Karena Berkuda adalah aktivitas fisik yang baik untuk melatih kesehatan kardiovaskular," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keamanan dalam Berkuda

Anton menegaskan pentingnya keamanan dalam olahraga berkuda, mengingat berkuda melibatkan dua nyawa, yakni pengendara dan kuda. "Jika ada kekompakan antara manusia dan kuda, semua rintangan dapat dilalui dengan mudah," jelas Anton. 

Untuk mendukung keamanan, perlengkapan yang sesuai sangat penting. Anton merekomendasikan penggunaan perlengkapan berkuda Kezillaz, yang sudah berstandar internasional. Beberapa perlengkapan tersebut meliputi pelana, sadel, sepatu boots, helm, celana berkuda, dan rompi pelindung.

“Kezillaz telah digunakan oleh atlet nasional seperti Agung Riyanto, Asyha Hakeem, Djalu Hakeem, dan pelatih senior James Momongan, serta beberapa selebriti,” tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Berkuda: Olahraga Penuh Tantangan

Agung Riyanto dan James Momongan, dua atlet berkuda terkenal, menyebutkan bahwa olahraga ini menantang dan penuh adrenalin. Agung, yang telah mengenal berkuda sejak kecil, menekankan pentingnya ketekunan.  

“Olahraga ini tidak mudah, tetapi jika dilakukan dengan tekun, maka akan menjadi aktivitas yang menyenangkan,” ujarnya.

James Momongan juga menekankan pentingnya keberanian dalam berkuda. Menurutnya, berkuda melatih keberanian dan juga memberikan kesenangan tersendiri.

Keduanya menekankan pentingnya aspek keamanan dalam berkuda. Mereka menyarankan para atlet untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, rompi pelindung, sarung tangan, dan sepatu boots.

Agung menyarankan produk Kezillaz sebagai perlengkapan berkuda yang nyaman dan aman digunakan. “Saya sudah menggunakan Kezillaz sejak lama, sangat nyaman dan aman,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.