Sukses

Cecil Yang Siap Gaungkan Musik Hip-Hop Lebih Luas Lewat Single 321 (I'm Callin)

Diakui Cecil Yang, penggarapan single ini memakan waktu hingga sebulan.

Liputan6.com, Jakarta Cecil Yang siap meramaikan musik Hip-Hop Indonesia lewat single berjudul "321 (I'm Calling)". Bersama sublabel Sony Music Entertainment Indonesia, Floor Inc, female rapper ini menggandeng Gamaliel untuk urusan melodi di lagu yang ditulisnya tersebut

Diakui Cecil Yang, penggarapan single ini memakan waktu hingga sebulan. Dalam prosesnya sempat terjadi perubahan beat musik, karena dinilai kurang cocok dengan lirik dan notasi lagu itu.

Lagu ini dikerjakan dari mulai bulan April. Sempat ada perubahan dari segi beat karena aku merasa kurang cocok saat digabungkan dengan notasi dan lirik," ujar Cecil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/9/2024).

"Total proses pembuatannya sendiri memakan waktu satu bulan dan aku cukup puas serta bangga saat mendengar hasilnya. Karena ini benar-benar berbeda dari yang selama ini aku nyanyikan," Cecil menambahkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merasa tertantang

Cecil merasa tertantang membawakan single ini, karena berbeda dari lagu-lagu yang pernah dinyanyikan. Ia justru ingin menantang dirinya mencoba hal baru dalam bermusik.

"Alasanku memilih lagu ini sebagai single debut karena aku senang mencoba hal baru dan menantang diri sendiri. Di single “321 (I'm Callin')”, semua itu aku rasakan," ungkap Cecil.

 

 

3 dari 4 halaman

Mengubah gaya rapnya

Di sini, Cecil mengubah gaya rapnya yang identik dengan nada rendah serta lirik yang agak kasar. Keputusan itu menjadi jawaban atas kritik yang selama ini dilekatkan pada pendengar.

"Sekarang dimodifikasi sedikit. Selama ini aku cukup banyak dapat kritikan dan semuanya coba diolah di sini. Bukan hal yang mudah, tapi aku berhasil melakukannya. Selain itu, aku juga mencoba musik yang baru sehingga butuh sedikit adaptasi," jelasnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Membuat musik Hip-Hop terdengar lebih luas

Cecil berharap, kehadiran singlenya dapat membuat musik Hip-Hop terdengar lebih luas, dan tidak hanya dinikmati kelompok tertentu. Single “321 (I'm Callin') sendiri dapat dinikmati sejak 26 September 2024, di berbagai platform musik.

"Aku ingin hip-hop bukan lagi menjadi genre musik yang minoritas, tapi bisa bersaing dengan pop, ballad, atau semua genre musik yang sedang hits. Karena hip-hop Indonesia nggak kalah dengan hip-hop Barat dan punya rapper yang bagus-bagus," ucap Cecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.