Sukses

Maggie Smith Sang Profesor McGonagall di Film Harry Potter Meninggal Dunia dalam Usia 89 Tahun

Maggie Smith mengembuskan napas terakhir dengan didampingi sahabat dan keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta Dunia akting kehilangan Dame Maggie Smith, salah satu aktris veteran yang membintangi banyak film ikonis. Diwartakan People, Jumat (27/9/2024), ia meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Kabar duka ini telah dikonfimasi oleh kedua anak laki-lakinya.

“Dengan penuh dukacita, kami mengumumkan kematian Dame Maggie Smith,” kata anak-anaknya, lewat publisis sang aktris. Ditambahkan, “Ia meninggal dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September."

Keluarga juga menyebut Maggie Smith yang begitu menjaga privasinya, mengembuskan napas terakhir dengan didampingi sahabat dan keluarganya. “Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang berdukacita karena kehilangan ibu sekaligus nenek mereka yang luar biasa."

Pihak keluarga mengucapkan terima kasih atas staf Rumah Sakit Chelsea dan Westminster yang merawat bintang film Harry Potter ini di akhir hayatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluarga Mohon Privasi

Dalam kabar duka ini, tidak disebutkan penyebab kematian Maggie Smith. Yang jelas, pihak keluarga meminta agar privasi mereka dihormati. "Kami berterima kasih atas semua pesan dan dukungan Anda semua yang begitu baik dan kami mohon untuk menghormati privasi kami saat ini."

3 dari 4 halaman

Tentang Maggie Smith

Margaret Natalie Smith adalah wanita kelahiran Ilford, Inggris, 28 Desember 1934. Dalam catatan People, ia debut di panggung teater pada 1952, dan mulai terjun dalam dunia perfilman tahun 1956 lewat Child in the House—meski belum masuk dalam credit title.

Setelahnya, ia tampil dalam banyak proyek film, drama, hingga pertunjukan teater dalam rentang waktu tujuh dekade. Beberapa perannya yang paling dikenal adalah sebagai Professor Minerva McGonagall di waralaba Harry Potter dan Violet Crawley di Downton Abbey.

4 dari 4 halaman

Pencapaian Maggie Smith

Sepanjang hidupnya, Maggie Smith meraih dua Piala Oscar, tiga Golden Globes, empat Piala Emmy, dan juga satu Tony Award. Artinya, ia salah satu dari segelintir artis peraih Triple Crown of Acting, sebutan di Hollywood untuk penghargaan dunia perfilman, pertelevisian, maupun teater.

Tak hanya itu, tahun 1990 ia mendapat gelar Dame, yang diberikan Ratu Elizabeth II, atas kontribusinya terhadap dunia seni pertunjukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini