Sukses

Rizky Ananda Musa Ulas Sengitnya Persaingan Dunia Skincare Indonesia, Bagi 5 Tips Pilih Pabrik Maklon

Rizky Ananda Musa menyorot peta persaingan industri skincare dan kecantikan di Indonesia yang makin sengit. Industri ini menghadapi ancaman serius.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha sekaligus pesohor Rizky Ananda Musa menyorot peta persaingan industri skincare dan kecantikan di Indonesia yang makin sengit. Industri ini menghadapi ancaman serius.

Pesohor dengan 1 jutaan pengikut di Instagram ini menguak adanya praktik tidak etis yang merusak iklim kompetisi pasar skincare di Tanah Air. Rizky Ananda Musa menyebut ini harus disikapi dengan tegas.

“Tuduhan-tuduhan soal mafia skincare yang mengedarkan produk kecantikan ilegal menguat, mengancam bisnis-bisnis yang sudah mapan dan menjadi perhatian kita semua,” kata Rizky Ananda Musa.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Selasa (1/10/2024), ia menekankan pentingnya para pelaku bisnis skincare untuk memperhatikan aspek keamanan maupun kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Tips dari Rizky

Setelahnya Rizky Ananda Musa membagikan 5 tips kepada mereka yang hendak terjun ke industri kecantikan maupun skincare. Menurutnya, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan dalam memilih vendor maklon atau pengerjaan produk.

“Pertama, tipsnya jangan pilih pabrik yang reputasinya buruk, ilegal, dan bikin produk kita overclaim. Produk overclaim itu yang memberi janji berlebih atau tidak realistis dari kandungan dan manfaat dalam produk,” urainya.

3 dari 4 halaman

Integritas dan Tanggung Jawab

Dengan kata lain pilih pabrik yang jujur, bertanggung jawab, berintegritas tinggi, serta kualitas teruji. Ini tak mudah namun Rizky Ananda Musa punya tips berikutnya yang layak untuk diindahkan.

“Tips kedua, kita harus meriset mengenai sertifikasi izin pabrik. Ketiga, melakukan tinjau formula dan bahan produk. Keempat, minta bukti ilmiah dan bahan klinis,” Rizky Ananda Musa membeberkan.

 

4 dari 4 halaman

ISO, BPOM, dan Sertifikasi Halal

Terakhir namun tak kalah penting, jangan lupa konsultasikan dengan ahli regulator. Tips ini dibagikannya untuk memagari dari risiko produk skincare ilegal. Rizky Ananda Musa tak henti mengucap syukur bisa menjaga kualitas perusahaannya, Skinsol Kosmetik Industri.

“Yang jelas, kami di Skinsol Kosmetik Industri senantiasa memastikan semua produk memenuhi standar BPOM dan peraturan lainnya. Ini komitmen kami,” ia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Rizky Ananda Musa menyebut pihaknya mengedepankan kebersihan, keamanan dan kenyamanan untuk klien. Ia juga menyorot sertifikasi ISO, BPOM dan Halal yang membuat klien merasa aman sekaligus nyaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini