Sukses

Tubagus Joddy Sopir Almarhumah Vanessa Angel Sebut Lebih Aman Hidup di Penjara

Tubagus Joddy mengungkap kegiatannya selama menjalani masa hukuman di Lapas Jombang.

Liputan6.com, Jakarta Tubagus Joddy, terdakwa kasus kecelakaan maut yang menimpa Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah dinyatakan bebas bersyarat. Kini, dia sudah kembali menjalani harinya di luar jeruji besi setelah hampir tiga tahun menjalani masa hukuman.

“Spesifik saya kerja untuk content creator, bantu bikin konten, bukan untuk driver, saya total di penjara 2 tahun 10 bulan,” kata Tubagus Joddy dikutip dari YouTube yang dipandu Denny Sumargo, kamis (3/10/2024).

Joddy mengungkap kegiatannya selama menjalani masa hukuman di Lapas Jombang, Jawa Timur. Ada banyak hal positif yang dia lakukan bersama para narapidana lainnya.

“Dulu tuntutannya 7 tahun penjara, tapi vonisnya 5 tahun, (soal dikurangi masa hukuman) sebenarnya nggak ngerti juga, saya fokus menjalani aja, melakukan kegiatan yang ada di sana, di sana banyak kegiatan, beribadah segala macam,” jelasnya.

2 dari 4 halaman

Usulan Bebas Bersyarat

Saat sudah ikhlas menjalani masa hukuman atas perbuatannya, datanglah usulan untuk mendapat bebas bersyarat.

"Tapi baru setelah menjalani mungkin setengah masa hukum, dapat usulan untuk bebas bersyarat, karena dinilai berkelakuan baik dan nggak ada masalah. Saya nggak ada lawyer. Jadi ya menjalani aja,” terangnya.

Denny Sumargo selaku pewawancara dapat memahami kondisi psikologis Joddy. Dia tahu, bukan hal yang mudah untuk kembali muncul dipublik setelah dinyatakan bersalah oleh majelis hakim.

3 dari 4 halaman

Kondisi Psikologis Joddy

“Ini kan kejadian cukup besar ya, dan buat lo datang ke sini juga berat, kelihatan dari nada ngomong lo, dari energi lo, gue bisa merasakan, ini bukan perkara mudah gue tahu,” terang pria yang akrab disapa Densu itu.

“Sekarang lo umur 27, masa depan masih panjang, lo juga nggak mungkin berpikir aka nada di titik ini ya sekarang? Mungkin di penjara lebih nyaman daripada keluar kalau menurut gue?” sambungnya.

4 dari 4 halaman

Merasa Aman

Secara mengejutkan, Tubagus Joddy membenarkan penilaian Densu. Dia mengakui bahwa hidupnya lebih aman dan nyaman saat berada di dalam penjara.

“Ya, untuk saat ini perbandingannya memang lebih feel save di sana, pikiran gue lebih feel save di sana, (lebih aman di sana ya?) iya,” tuturnya.