Sukses

Event Indonesia Design Week 2024 Digelar, Kolaborasi dan Inovasi dalam Industri Desain Didorong oleh Indonesia Design Distrik

Para ahli dan pelaku industri desain, serta komunitas, dan masyarakat luas, bersatu di Indonesia Design Week 2024, bersama IDD PIK2 mendorong industri arsitektur dan desain.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Design District (IDD) PIK2 siap mendorong industri home and living di Indonesia dengan visinya untuk menjadi ekosistem desain yang komprehensif. Melampaui identitasnya sebagai pusat ritel komersial, IDD berkomitmen untuk mendorong dan meciptakan kolaborasi, inovasi, serta keberlanjutan dalam komunitas desain.

Inisiatif ini akan dirayakan melalui peluncuran event Indonesia Design Week 2024 (IDW 2024) yang berlangsung dari 10 hingga 20 Oktober. Event ini juga menandai pembukaan resmi IDD setelah soft launch-nya pada September 2023 lalu.

Melalui acara unggulan ini, IDD berupaya untuk mengubah citranya dari sekedar ruang gaya hidup ritel menjadi pusat desain yang dinamis dan hidup untuk sektor home and living— sebuah pusat yang secara aktif menghubungkan para pemangku kepentingan, mendorong kolaborasi, dan menggerakkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Peluncuran IDW akan melambangkan transformasi ini, menyediakan platform global bagi para profesional industri, pengrajin, desainer, dan konsumen untuk terlibat dalam dialog serta kemitraan yang bermakna.

Salah satu tujuan utama IDD adalah untuk mengedukasi pasar lokal tentang berbagai aspek desain, termasuk desain interior, bahan bangunan, dan tekstil. Dengan menyatukan para ahli dan penggemar desain, IDD bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan dan memperkenalkan tren serta inovasi terbaru.

 

2 dari 4 halaman

Desain tidak hanya mempengaruhi estetika

Acara ini menampilkan bagaimana desain tidak hanya mempengaruhi estetika, tetapi juga keberlanjutan dan fungsionalitas. Selain menghadirkan rangkaian acara yang menarik, IDW juga menjalin kolaborasi dengan kurator ternama, termasuk Alvin Tjitrowirjo dan Santi Alaysius.

Alvin merupakan seorang desainer produk kenamaan asal Indonesia yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Karyanya juga telah dipamerkan di berbagai pameran dunia, mulai dari Maison et Objet di Paris, Salone del Mobile di Milan, Italia, hingga DesignArt Tokyo.

Ia juga dikenal dengan ciri khasnya dalam memadukan sentuhan khas lokal dalam desain furnitur internasional. Berkat pendekatan inovatifnya, deretan karyanya diapresiasi oleh industri desain global.

Begitu pula dengan Santi Alaysius, salah satu pendiri Domisilium Studio, yang telah meraih berbagai penghargaan atas desainnya untuk hotel Waldorf Astoria Chicago. Lulusan Art Institute of Seattle dan Illinois Institute of Art ini telah menangani proyek-proyek bergengsi, termasuk rumah Jennifer Lopez di New York, Kosenda Hotel Jakarta, dan Artotel Yogyakarta.

Dengan kreativitas visionernya, Santi konsisten menorehkan namanya di kancah desain global, sekaligus menetapkan standar baru bagi industri kreatif Indonesia yang terus berkembang.

 

3 dari 4 halaman

Tenan dan kegiatan komunal

Turut memeriahkan event ini, para tenan IDD juga berpartisipasi dan menggelar berbagai program acara dan instalasi seni di masing-masing galeri mereka.

Selain itu, kegiatan komunal juga akan berlangsung di beberapa IDD event space, seperti Town Hall, Market Hall, dan Mandapa Hall sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman event IDW yang inklusif.

Mulai dari workshop, roundtable discussion, design talks, hingga instalasi interaktif dan pameran, setiap rangkaian acara akan menonjolkan potensi beragam dari lanskap desain Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Didukung oleh organisasi terkemuka

Keberhasilan Indonesia Design Week juga turut didukung oleh organisasi terkemuka seperti Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Asosiasi Desainer Produk Indonesia (ADPI), Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), dan Visual Merchandising Indonesia (VMID).

Keterlibatan mereka mencerminkan komitmen kolektif untuk meningkatkan standar desain dan mendorong pertumbuhan industri jangka panjang di Indonesia. Dengan rangkaian kegiatan, workshop, dan pameran yang menarik, IDD dan Indonesia Design Week bertujuan untuk menjadi katalis bagi komunitas desain Indonesia.

Untuk info detail dan jadwal acara, kunjungi Indonesia Design District dan Indonesia Design Week di Instagram @indonesiadesigndistrict dan @iddesignweek. Acara ini menandai awal era baru, di mana desain di Indonesia tidak hanya terbatas pada produk dan ruang, tetapi juga merangkul masa depan yang berkelanjutan, inovatif, dan kolaboratif.

Video Terkini