Sukses

Lupita Nyong'o Jadi Dubber Film Animasi The Wild Robot, Ngaku Tak Mudah Temukan Suara untuk Roz

The Wild Robot yang menghadirkan akting suara Lupita Nyong'o dan Pedro Pascal akan tayang pada 11 Oktober 2024 di bioskop Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Akting Lupita Nyong'o kembali menyapa penggemar, tapi kali ini dalam bentuk suara saja. Ia menjadi dubber dalam film animasi DreamWorks terbaru yang akan segera tayang, The Wild Robot. Ia mengaku sangat beruntung bisa bergabung dalam proyek film ini. 

"Bekerja dengan DreamWorks merupakan sebuah mimpi, dan saya mengatakannya dengan bangga hati. Ketika saya memulai proses film ini, saya sangat antusias," kata bintang film-film Marvel ini dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini. 

Meski "hanya" mengisi suara dalam The Wild Robot, tapi tetap saja ada tantangan yang ia hadapi dalam proyek film animasi ini. Terutama menemukan suara dari karakter Roz, seorang robot yang mengasuh seekor anak angsa.

"Awalnya, menemukan suara Roz merupakan sebuah perjalanan yang cukup panjang. Semuanya dimulai dengan perdebatan tentang peran emosi pada robot," tuturnya.

"Roz, sebagai sebuah robot, harus belajar bagaimana mengakses spontanitas emosi, yang tidak muncul secara alami pada sebuah entitas yang sudah diprogram. Jadi ini adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan dan menantang bagiku," ia menambahkan. 

Kitt Connor yang berperan sebagai dubber Brightbill--angsa yang diasuh oleh Roz--mengungkap transformasi sang robot canggih dalam film ini. 

2 dari 4 halaman

Awalnya, Roz Tak Berperasaan

"Pada awal film, Roz adalah robot yang tidak berperasaan. Brightbill mengajarinya tentang kebaikan dan cinta, serta pada akhirnya, hubungan ibu dan anak antara mereka terus tumbuh lebih kuat seiring berjalannya cerita," kata Kitt Connor. 

Ia meneruskan, "Hubungan mereka yang terus berkembang tidak hanya membawa kehangatan dalam cerita, tetapi juga menekankan kekuatan empati dan pengertian dalam mengatasi tantangan. Sehingga cinta dan kebaikan yang dipelajari Roz pada akhirnya membantu mereka berdua untuk saling membantu sebagai support system yang kuat."

3 dari 4 halaman

Pengalaman Pertama Pedro Pascal

Pedro Pascal yang mengisi suara Fink si Rubah juga mengaku The Wild Robot adalah proyek perdananya sebagai dubber. Ia mengaku terpesona dengan proses kreatif dan teknis di dalamnya.

"Ada banyak sekali pengambilan suara yang terlibat, dan saya tidak dapat melakukannya tanpa Chris Sanders dan semua orang di balik layar yang berkontribusi dan mendukung saya dengan hati yang tulus, memberikan semangat dan usaha untuk saya dapat menghidupkan karakter seperti Fink melalui suara", ujar Pedro Pascal menyebut nama sutradara film animasi tersebut. 

4 dari 4 halaman

Sinopsis The Wild Robot

The Wild Robor berkisah tentang Roz, sesosok robot dengan teknologi canggih yang diprogram untuk menyelesaikan apa pun tugas yang diberikan kepadanya. Nahas, dalam perjalanan menuju lokasi tugas, ia justru terdampar di sebuah pulau yang hanya dihuni aneka fauna liar.

Saat membuka matanya, Roz langsung beroperasi sebagaimana ia diprogram: mencari tugas untuk dilaksanakan. Sayang, alih-alih merasa senang, hewan yang berada di pulau ini menjadi takut pada Roz dan menganggapnya sebagai monster. 

Hingga pada akhirnya ia bertemu sebutir telur yang baru saja menetas. Roz akhirnya menemukan tugas besar pertamanya: menjaga dan membesarkan angsa kecil Brightbill, hingga ia siap untuk terbang dalam migrasi musim dingin.

The Wild Robot akan tayang pada 11 Oktober 2024 di bioskop Tanah Air.