Sukses

Sidang Kasus Lolly dan Vadel Badjideh Akan Digelar Tertutup, Kubu Nikita Mirzani Bilang Begini

Pengacara Nikita Mirzani, Fahmi Bachmid menyebut sidang kasus dugaan pencabulan dan aborsi dengan korban Laura atau Lolly akan digelar tertutup.

Liputan6.com, Jakarta Saat kabar visum Lolly telah selesai merebak, publik bertanya-tanya terkait detail hasilnya. Pengacara Nikita Mirzani, Fahmi Bachmid menjelaskan, hasil visum tak bisa diakses publik.

Lebih lanjut, hasil visum Lolly akan dipegang penyidik lalu disajikan dalam sidang setelah tersangka dugaan pencabulan anak di bawah umur dan aborsi ditetapkan lalu dirilis kepada masyarakat.

Jika benar Vadel Badjideh menjadi tersangka kasus ini pun, sidang akan digelar tertutup. Mengingat, korbannya adalah anak di bawah umur yakni Laura Meizani alias Lolly anak Nikita Mirzani.

“Di pengadilan, pasti akan terbuka (hasil visum Lolly). Sayangnya, karena ini perkara anak, pasti (sidang) akan tertutup. Tapi mungkin melalui humas yang ada di sana Anda bisa tanya setelah proses sidang apa sih sebetulnya isi visumnya,” kata Fahmi Bachmid terkait sidang tertutup kasus Lolly.

 

2 dari 4 halaman

Korban Anak, Terduga Pelaku Dewasa

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (10/12/2024), ia menjelaskan, jika sekarang publik mencari informasi terkait hasil visum Lolly, maka mereka tak akan mendapat apa-apa. Terkait sidang yang akan digelar tertutup, Fahmi Bachmid punya ulasan.

“Sidangnya tertutup. Karena begini, di dalam perkara ini, dugaan yang melakukan tindak pidana itu sudah dewasa. Secara hukum sudah dewasa. Korbannya anak-anak. Oleh karenanya, nanti akan tunduk pada peradilan anak,” urai Fahmi Bachmid.

3 dari 4 halaman

Sidang Tertutup Artinya...

Ia menekankan, korban kasus dugaan pencabulan dan aborsi ini anak di bawah umur. Meski sidang digelar tertutup, humas pengadilan tak akan mentutup 100 persen akses informasi terkait proses hukum di ruang sidang.

“Ada aturannya, seingat saya, yang mengatur proses peradilan tindak pidana terhadap anak. Tertutup itu artinya begini: Tertutup untuk publik. Jadi tidak bisa kita (ikut) sidang, kita bisa masuk, pintunya dibuka semua orang bisa hadir, bisa mendengarkan. Tidak,” imbuh Fahmi Bachmid.

 

4 dari 4 halaman

Sidang Tertutup dan Humas Pengadilan

“Sidangnya tertutup tapi apa yang ada dalam proses sidang mungkin itu jadi kewenangan humas yang ada di pengadilan untuk menyampaikan kepada masyarakat. Pasti yang disampaikan itu inti sarinya,” Fahmi Bachmid mengakhiri.

Nikita Mirzani telah mendengar hasil visum Lolly meski belum mengerucut pada kesimpulan tim medis RSCM Jakarta. Mendengar hasilnya, bintang film Nenek Gayung terpukul. Emosinya pun meledak.

“Di situ dia sudah emosi (dan bilang) anak saya kok jadi dihancurkan seperti ini? Bahasanya dia. Makanya wajar kalau Niki meledak-ledak karena apa yang dilakukan saat ini adalah bentuk untuk melindungi anaknya,” pungkas Fahmi Bachmid.