Sukses

Profil Influencer Muhamad Erfan Apriyanto, Ulas Kesuksesan dari Ketajaman Insting dan Rasa Peduli

Popularitas influencer sekaligus pengusaha muda Muhamad Erfan Apriyanto menajam. Jumlah pengikut di akun Instagramnya kini mencapai 107 ribuan.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas influencer sekaligus pengusaha muda Muhamad Erfan Apriyanto menajam seiring jumlah pengikut di Instagram yang terus meningkat. Saat ini, ia telah memiliki 107 ribuan pengikut.

Sukses yang diraih Muhamad Erfan Apriyanto saat ini melewati kerja keras dan proses panjang. Berikut profil Muhamad Erfan Apriyanto, pesohor kelahiran Kebumen, Jawa Tengah, pada 1995.

Terlahir kembar, ayahnya meninggal akibat komplikasi gagal ginjal dan jantung. Ia lantas dibesarkan ibunda. Muhamad Erfan Apriyanto memegang teguh prinsip “buy the futures, with the present value.”

Usia 16 tahun, ia hijrah ke Kota Kembang untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung setelah menang Olimpiade Kimia semasa SMA. Namun Muhamad Erfan Apriyanto mundur karena alasan pribadi. Tahun berikutnya, ia kuliah di Institut Teknologi Telkom, studi Teknik Industri.

 

 

2 dari 4 halaman

Pernah Gagal Lalu Bangkit

Muhamad Erfan Apriyanto memulai bisnis pertama bersama sahabat pada usia 18 tahun. Bisnis ini bubar jalan tapi memberinya sebuah pelajaran berharga soal pentingnya mengelola perusahaan secara akuntabel.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Sabtu (12/10/2024), Muhamad Erfan Apriyanto bangkit dari kegagalan dan kini sukses mengelola tiga perusahaan yang berbasis di Jakarta.

3 dari 4 halaman

Program Nasional Beberapa Kementerian

“Saya menahkodai PT. Visi Indonesia Maju, Akselerasi Indonesia Maju, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Bersyukur saya juga diundang sebagai juri dan mentor di beberapa program nasional milik kementerian,” katanya.

Muhamad Erfan Apriyanto lantas menyinggung sejumlah kunci sukses dalam berbisnis. Pertama, mengasah ketajaman insting. Kedua, membuka diri untuk kolaborasi dengan pihak yang sesuai dengan visi misi. Ketiga, mengembangkan kepedulian.

4 dari 4 halaman

Seorang Filantropi

Erfan seorang filantropi yang kerap sepanggung dengan lembaga filantropi asing, seperti Rockefeller Foundation hingga Rothschild Foundation. “Pernah juga saya menghadiri COP 28 di Dubai tahun 2023 membahas isu perubahan iklim,” urai Muhamad Erfan Apriyanto.

Ia dikenal peduli terhadap isu lingkungan, perubahan iklim, dan kepemudaan. Kini, Muhamad Erfan Apriyanto banyak berkontribusi membangun kawasan Indonesia Timur agar dapat merdeka air dalam arti sesungguhnya.

“Semoga saya bisa terus berkontribusi dalam menyelesaikan masalah vital di tengah masyarakat yang sangat membutuhkan,” Muhamad Erfan Apriyanto mengakhiri.