Sukses

Catatan dari Independence Day Fest 2024, Pergelaran Seni Budaya dan Adat Rayakan Keragaman Indonesia

Agustus sudah lewat namun semangat merawat kemerdekaan dalam keragaman menjalar hingga kini. Salah satunya, pergelaran budaya Independence Day Fest.

Liputan6.com, Jakarta Agustus memang sudah lewat tapi semangat merawat kemerdekaan dalam keragaman terus menjalar hingga kini. Salah satunya, pergelaran seni budaya Independence Day Fest 2024.

Pergelaran seni budaya ini terasa kian istimewa karena diikuti sekitar 800 peserta yang tampil berbaju adat. Inisiatif ini menciptakan nuansa unik sekaligus menebalkan semangat cinta budaya Indonesia.

Dengan baju adat beragam, tiap peserta menunjukkan identitas dan kekayaan budaya yang dimiliki. Alunan musik tradisional dari alat musik sape yang dimainkan F. Deliana Winki menambah kehangatan suasana.

Salah satu momen hangat lainnya, saat tim choir membawakan sejumlah lagu daerah yang menggugah semangat cinta Tanah Air. Seni, budaya, dan nasionalisme menyatu dalam Independence Day Fest 2024.

 

2 dari 4 halaman

Seni, Budaya, dan Baju Adat

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin (14/10/2024), Project Manager Mr. Bob, Ayu Chandra D.P. menjelaskan Independence Day Fest 2024 digelar Mr. Bob Kampung Inggris, Pare, Jawa Timur.

“Penggunaan baju adat dalam ajang ini bukan hanya untuk merayakan kemerdekaan, tapi memperkuat kebersamaan dan penghargaan terhadap warisan seni serta budaya Tanah Air,” katanya.

3 dari 4 halaman

Salah Satu Daya Tarik

“Memang, salah satu daya tarik dan yang bikin istimewa Independence Day Fest 2024 penggunaan baju adat seluruh peserta. Festival ini melibatkan member, tutor, dan staf,” Ayu Chandra menambahkan.

Lewat Independence Day Fest 2024, publik makin sadar juga bangga bahwa yang indah dari Indonesia tak hanya alam. Keragaman seni baik musik, lagu, busana, hingga bahasa pun tak kalah elok.

 

4 dari 4 halaman

Tantangan Yang Mendidik

Independence Day Fest 2024 rasanya kurang afdal tanpa lomba seperti fun estafet, makan kerupuk, dan speech. Lomba yang disebut terakhir tak hanya bentuk perayaan tapi upaya mengasah rasa percaya diri.

“Tidak hanya menghadirkan kesenangan, tapi tantangan yang mendidik. Lomba speech menjadi platform bagi peserta untuk mengasah kemampuan bicara di depan umum. Melatih rasa percaya diri,” tutupnya.