Sukses

Marshal Rachman 6 Bulan Absen Manggung dengan Ada Band, Terungkap Alami Sakit Ginjal

Marshal Rachman sudah setengah tahun tidak memperkuat Ada Band di saat manggung. 

Liputan6.com, Jakarta Absennya Marshal Rachman dalam formasi ADA Band di setiap aksi panggungnya memicu banyak tanya. Bahkan tidak sedikit netizen yang berspekulasi sang gitaris telah hengkang dari grup band tersebut. 

Naga vokalis Ada Band mengatakan, sudah setengah tahun Marshal tidak memperkuat Ada Band di saat manggung. Hal itu dikarenakan kondisi Marshal yang menurun lantaran sakit ginjal.

"Sebenernya mungkin udah agak lama, cuma mulai terdeteksi Januari 2024 ada masalah di ginjalnya. Fungsi ginjalnya menurun drastis," ungkap Naga di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2024).

"Udah sempet ke sana ke sini, ke dokter spesialis, cek up sana sini, sampai akhirnya bulan Juni atau Juli cuci darah," Naga menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Tak Dapat Manggung

Pengobatan itu dipilih Marshal meski menanggung risiko tak dapat manggung bersama Ada Band. Ia pun harus menjalani cuci darah dua kali dalam satu pekan. 

"Dengan segala resiko, kalo cuci darah pastinya dia nggak bisa ikut manggung kan. Akhirnya memang harus seperti itu, ya udah dijalani. Udah hampir setengah tahun," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Banyak Ditanya

Naga mengakui banyak yang menanyakan absennya Marshal di setiap jadwal manggung Ada Band. Naga dan Ada Band memang tidak menjelaskan kondisi Marshal secara rinci, dan berharap sang gitaris segera pulih dan kembali mengisi posisinya di Ada Band. 

"Kita emang gak announcer detik sakitnya apa. Kita cuma bilang lagi sakit, jadi nggak bisa perform sama kita. Banyak yang tanya, dikira mas Marshal keluar, padahal emang dia lagi sakit," kata Naga.

 

4 dari 4 halaman

Kondisi Terbaru

Lebih lanjut Naga mengungkap kondisi Marshal saat ini, yang juga harus menjalani terapi setiap harinya. Sementara ini, Marshal menjalani rawat jalan. 

"Balik sih, cuma dalam satu Minggu cuci darah 2 kali. Terus ada terapi infus juga, harus dikerjakan tiap hari," pungkas Naga.

Video Terkini