Sukses

6 Potret Jokowi dan Prabowo Jelang Pelantikan Presiden, Upacara di Lubang Buaya hingga Silaturahmi di Solo

Sepanjang Oktober 2024 jelang pelantikan, Prabowo dan Jokowi melewati sejumlah momen dari tugas negara hingga tukar pikiran demi kemajuan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia terpilih, Prabowo Subianto akan dilantik bersama putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai Wakil Presiden RI, di Jakarta, hari ini.

Prabowo dan Gibran menang Pemilu 2024 satu putaran dengan persentase suara mencapai 58 persen. Pelantikan Presiden ke-8 Republik Indonesia digelar di Gedung Nusantara Senayan Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Jokowi kini resmi purna tugas sebagai Presiden ke-7 selama 10 tahun atau dua periode. Selama menjabat, ia dikenal dekat dengan Prabowo yang dua kali menjadi rivalnya pada Pemilu 2014 serta 2019.

Jelang pelantikan Prabowo, laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini merangkum 6 potret Jokowi dan sang mantan Menteri Pertahanan RI, sepanjang Oktober 2024. Apa saja momen yang mereka hadiri?

 

2 dari 7 halaman

1. Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden

Kompak pakai setelan jas berdasi merah, Jokowi dan Prabowo memimpin apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. Sejumlah foto yang diunggah di akun Instagam terverifikasi Prabowo, 14 Oktober 2024, memperlihatkan momen tersebut.

Mendampingi Presiden memimpin apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia serta penganugerahan medali kehormatan Loka Praja Samrakshana Polri dan gelar warga kehormatan Brimob untuk Presiden Joko Widodo,” tulisnya.

3 dari 7 halaman

2. Silaturahmi ke Solo, Bincang Ringan

Seminggu sebelum pelantikan, Prabowo terbang ke Solo menuju kediaman Presiden Jokowi dan Ibu Negara. Sejumlah potret memperlihatkan Jokowi dan sang istri menyambut hangat kedatangan Prabowo yang tampil berkemeja batik lengan panjang.

Bahas apa? Katanya sih, bincang-bincang ringan. “Hari ini saya bersilahturahmi ke kediaman Presiden @jokowi di Solo, kami bincang-bincang ringan, menikmati santap siang penuh keakraban,” beri tahu Prabowo pada 13 Oktober 2024.

 

4 dari 7 halaman

3. Makan Malam, Tukar Pikiran

Momen lain memperlihatkan keakraban Jokowi dan Prabowo dalam jamuan makan malam. Jokowi berkemeja putih lengan panjang plus celana panjang hitam sementara Prabowo tampil dengan atasan broken white tanpa motif.

Makan malam dan diskusi bersama Presiden Jokowi, kami saling bertukar pikiran berkaitan dengan kepentingan negara, bangsa dan rakyat Indonesia,” Prabowo mengabarkan pada 9 Oktober 2024.

 

5 dari 7 halaman

4. Dirgahayu ke-79 Tahun TNI

Hari Ulang Tahun ke-79 TNI yang diperingati pada 5 Oktober 2024 dihadiri Jokowi dan Prabowo. Salah satu foto memperlihatkan Presiden RI terpilih tampil resmi dengan setelan jas abu-abu yang membalut kemeja putih plus dasi biru.

Penampilan Prabowo disempurnakan dengan peci dan kacamata hitam. “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke-79 tahun. Selalu membela Rakyat dan mempertahankan Negara Republik Indonesia,” ungkap Prabowo.

 

6 dari 7 halaman

5. Sumpah dan Janji Anggota DPR RI

Pelantikan anggota DPR RI masa bakti 2024 hingga 2029 dihadiri Jokowi dan Prabowo. Salah satu foto memperlihatkan keduanya melenggang ke karpet merah Gedung Nusantara, Jakarta. Prabowo menyelamati anggota DPR, MPR, dan DPD RI terpilih.

Saya ucapkan selamat kepada seluruh anggota dewan yang terpilih semoga amanah dalam mengemban tugas sebagai wakil rakyat,” ujar Prabowo menyertai unggahan pada 1 Oktober 2024.

 

7 dari 7 halaman

6. Prabowo dan Jokowi di Lubang Buaya

Hari Kesaktian Pancasila dirayakan saban 1 Oktober, persis sehari setelah rakyat Indonesia memperingati tragedi pengkhianatan G30S/ PKI. Prabowo mengunggah dua potret upacara di Lubang Buaya, Jakarta.

Upacara ini dihadiri Jokowi. “Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di Monumen Kesaktian Pancasila, Lubang Buaya, Jakarta Timur,” ungkap Prabowo pada 1 Oktober 2024.

 

 

Video Terkini