Sukses

Sineas Ifa Isfansyah dan Produser Frederica Buka 6 Kelas Online, dari Akting Hingga Penyutradaraan

Sineas Ifa Isfansyah bersama produser Falcon Pictures, Frederica bekerja sama buka enam kelas online untuk mereka yang berminat pada industri film.

Liputan6.com, Jakarta Kolaborasi untuk menggerakkan regenerasi di industri film Tanah Air terus bergulir. Salah satunya, sineas Ifa Isfansyah bersama produser Falcon Pictures, Frederica yang bekerja sama membuka kelas online untuk mereka yang berminat pada film.

Frederica dalam kapasitasnya sebagai Direktur KlikFilm dan perwakilan Jogja Film Academy (JFA), Ifa Isfansyah membuka 6 kelas online meliputi produksi, akting, penyutradaraan, penulisan skenario, manajemen produksi, serta editing.

Kelas online dibuka dari 1 hingga 30 November 2024. Hanya dengan berlangganan KlikFilm, para peserta dapat mengakses semua materi kursus untuk dipelajari. Masing-masing subjek materi terdiri 8 hingga 10 kali pertemuan.

Kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Jumat (25/10/2024), Ifa Isfansyah mengatakan, ini bukan kali pertama membuka kelas online. Enam kelas online ini dibuka setelah melewati pertimbangan matang. Salah satunya, evaluasi.

 

2 dari 4 halaman

Lakukan Evaluasi

“Kami melakukan evaluasi secara peminatan dan sebagainya. Kemarin, kami punya beberapa kelas lain, sampai 12 malah. Kenapa mengurucut jadi 6, ini berdasarkan feedback masyarakat dan bidang apa saja yang mungkin dilakuan secara online,” kata Ifa Isfansyah.

Kelas akan dipandu mentor yang ahli di bidangnya yakni CB. Triyanto Hapsoro (akting), Loeloe Hendra (pemyutradaraan), Damar Ardi (produksi), Driepuaza Ryan Fortunanda (editing), Agustya Herdwiyanto (manajemen produksi), dan Dharma Putra (penulisan skenario).

3 dari 4 halaman

Pengajar Punya Perspektif Menarik

Menariknya, ada sejumlah materi yang awalnya dirasa tak mungkin diajarkan secara daring. Namun, pihak pengajar malah yakin bisa menyampaikan materi di kelas daring. Karenanya, Ifa Isfansyah dan Frederica yakin membuka 6 kelas online via platform KlikFilm.

“Kami sudah diskusikan apakah editing mungkin diajarkan lewat kelas daring. Dari pihak pengajar punya perspektif menarik. Tentu saja, online ada keunggulan dan keterbatasan. Kayak akting, awalnya kami tak berpikir bisa diajarkan di kelas online,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Kursus Online Berkelanjutan

Frederica menyambut hangat kolaborasi dengan JFA. Menurutnya, kolaborasi ini langkah luar biasa untuk mendukung industri kreatif Indonesia. Diharapkan kursus ini melahirkan talenta-talenta baru yang siap berkarya.

“Ke depan kursus online ini terus berkelanjutan tiap kuartal, tiap tahun. Jadi akan ada 4 periode tiap tahun,” harap Frederica. Ifa Isfansyah pun mengapresiasi komitmen KlilFilm dalam menumbuhkan regenerasi di industri sinema Tanah Air.

“KlikFilm punya kurasi film berkualitas dan penting untuk ditonton mereka yang ingin atau sedang belajar bikin film. Sangat menarik jika salah satu konten KlikFilm adalah program edukasi tentang teknis pembuatan film,” Ifa Isfansyah mengakhiri.