Sukses

Lagu APT Milik Rose Blackpink Dijauhi Anak Sekolah yang Bakal Ujian CSAT, Takut Dihantui Apateu Apateu

APT milik Rose Blackpink bukan lagu pertama yang dijauhi pelajar yang sedang bersiap menempuh ujian.

Liputan6.com, Jakarta Lagu "APT" milik Rose Blackpink kini tengah digandrungi penggemar musik dari berbagai penjuru dunia. Namun rupanya ada satu kelompok yang saat ini sedang menjauhi lagu tersebut. Yakni para pelajar yang hendak menempuh ujian suneung atau College Scholastic Ability Test (CSAT) yang akan dilangsungkan pada 14 November mendatang.

Dilansir dari Korea JoongAng Daily, Senin (28/10/2024), para pelajar ini tak mau mendengar lagu kolaborasi Rose Blackpink dan Bruno Mars ini, karena khawatir terbayang-bayang dengan liriknya yang repetitif. 

"Saya khawatir lagu itu bakal terus terngiang-ngiang di kepalaku, bahkan selama ujian,” kata seorang siswa kepada Yonhap News. Meski terdengar sepele, tapi bagi para pelajar yang akan ikut CSAT, ini adalah persoalan serius. 

“Orang dewasa mungkin bakal tertawa dan berkata, 'Mengapa stres karena hal seperti itu?' tetapi bagi kami yang akan menghadapi ujian penting, ini bisa terasa meresahkan," kata siswa tersebut. 

Korea JoongAng Daily mencatat, tautan lagu "terlarang" seperti APT diunggah ke komunitas online yang digunakan oleh siswa yang sedang mempersiapkan ujian sebagai prank. Pengguna yang ketahuan menyebarkan keusilan ini secara kelewatan, bahkan ditangguhkan keanggotaannya. 

Seorang pengguna berkomentar, “Aku melihat salah satu lagu terlarang ini di internet secara tak sengaja, dan sekarang aku enggak bisa melupakannya — itu membuatku gila. Bagaimana cara menghentikannya?”

2 dari 4 halaman

APT Bukan Lagu yang Pertama Dijauhi

"APT" bukan lagu pertama yang dijauhi pelajar yang sedang bersiap menempuh ujian. Beberapa lagu lain yang juga dijauhi dengan alasan serupa antara lain "U R Man" (2008) dari SS501, "Ring Ding Dong" (2009) milik SHINee, hingga "Dumb Dumb" (2016) yang dibawakan Red Velvet. Bahkan lagu anak-anak kondang Baby Shark pun disebut-sebut memiliki efek serupa. 

Sebenarnya, apa penyebab sebuah lagu menjadi terngiang terus di pikiran--atau diistilahkan sebagai earworm?

"Psikologi kita lebih rapuh dari yang kita sadari, dan bunyi sederhana yang repetitif bisa memicu bias emosional," kata Profesor Psikologi dari Dankook University, Lim Myung Ho kepada Yonhap News.

3 dari 4 halaman

Cara Menjinakkan Pikiran yang Gelisah

Lim Myung Ho menambahkan, "Anak muda, terutama mereka yang kurang pengalaman, lebih rentan mengalami earworm."

Lalu bagaimana mengatasi hal ini?

"Mendengar musik klasik yang menenangkan, melakukan meditasi ringan, latihan pernapasan, dan peregangan, dapat membantu menenangkan pikiran yang tengah gelisah. Mengembangkan rutinitas pribadi juga merupakan cara efektif mengelola stres," kata dia. 

4 dari 4 halaman

Raih Perfect All Kill

"APT" memang tengah menuai kesuksesan besar. Pencapaian terbaru, lagu ini berhasil mencapai perfect all-kill di iChart Instiz. Diwartakan Soompi, ini adalah pencapaian pertama Rose dalam proyek solonya di luar Blackpink.

Sekadar informasi, sebuah lagu dianugerahi gelar all-kill saat berhasil menduduki posisi puncak di tangga lagu harian dan Top 100 Melon, tangga lagu harian dan realtime Genie dan Bugs, tangga lagu Lagu Top YouTube Music, tangga lagu harian VIBE, dan tangga lagu realtime dari FLO dan iChart.

Sementara perfect all-kill berarti lagu tersebut juga menduduki puncak tangga lagu mingguan iChart.

Video Terkini